Memulai Usaha

Dulu semasa aku masih duduk dibangku kuliah, pernah mengujungi saudara jauh ayah,
sebut saaja namanya pak Fahmi. Setelah bicara panjang lebar dari berbagai masalah yang up to date saat itu, pak Latif melontarkan sebuah pertanyaan yang menarik.
" Lif, setelah kamu lulus nanti apa kira-kira yang akan kamu lakukan" tanya pak Latif. Aduh pertanyaan yang begitu sulit untuk dijawab. Ya selama ini memang belum terpikirkan apa yang harus aku lakukan, selepas kuliah. Ya yang jelas ya bekerja tapi mau kerja apa?. aku bengong agak lama memikirkan jawaban dari pertanyyan pak Fahmi. Akhirnya yaaa....
"Rencana saya mau usaha sendiri sih pak, tapi sayang belum punya modal. Mungkin aku akan kerja dulu, baru setelah terkumpul modal baru buka usaha sendiri." jawabku dengan hati-hati.
" Modal katamu. Apa aku gak salah dengar?" kata pak Fahmi dengan nada yang agak tinggi. Aku jadi bingung. Apa yang salah dengan pernyataanku?
" Jika kamu yang kuliah di Perguruan Tinggi Negri dan faforit saja bingung modal apa lagi, orang yang kuliah di Perguruan tinggi biasa atau bahkan mereka yang gak kuliah." Aku diam saja tidak tahu arah pempicaraan pak Fahmi. Namun diam-diam aku simak benar-benar apa yang dikatakannya.
"Lif, semestinya orang yang seperti kamu itu tidak merisaukan masalah modal. Karena Allah telah memberi kamu modal yang lebih dari cukup. Coba kamu pikirkan. Kamu bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negri faforit. Sementara aku tahu kondisi orang tuamu, yang semestinya tidak sanggup untuk mengkuliahkan kamu. Namun kamu nyatanya bisa kuliah. Ini berarti kamu memiliki kemauan yang kuat untuk menggapai apa yang kamu cita-citakan. Tanpa kemauan yang kuat mustahil kamu dapat kuliah. Dari kenyataan ini aku bisa melihat bahwa kamu menpunyai ,modal yang cukup untuk mendirikan suatu usaha. Pertama adalah kamu sanggup kerja keras dan yang kedua adalah memiliki kecerdasan."
" Tapi pak, bukannya orang usaha mesti memerlukan modal uang?" kataku kemudian.
" Lif, orang yang beranggapan usaha memerlukan modal uang memang tidak salah, tetapi bukan berarti jika memulai usaha harus memiliki modal sendiri. Bukankah kita bisa menggunakan modal atau uang orang lain?. Sedangkan syarat agar dapat menggunakan modal orang lain cukup sederhana, yaitu kejujuran".

1 comments:

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang wanita bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan DESEMBER 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berhutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM andal.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar