Rame-rame bisnis kuliner.


Jika kita perhatikan disekitar kita banyak tumbuh usaha kuliner. Dari yang bersekali kaki lima sampai ke yang bertarap restoran. Dari teman Master Mind TDA Cikarang saja, dimana saya sebagai ketuanya ada 3 orang yang berbisnis kuliner.

Jika anda pergi ke kawasan kota Jabebeka, akan terlihat jelas pertumbuhan usaha kuliner ini . Dulu pada tahun 2004 ketika saya masuk di daerah ini, mencari makanan sangat susah, apalagi jika mau pilih-pilih, bisa jadi gak jadi makan. Namun sekarang, luar biasa, mau makan apa saja ada. Mau yang duduk di kursi atau yang lesehan. Mau yang pakai piring atau beralaskan daun pisang. Mau dikebun atau dipinggiran sawah. Pokoknya lengkap.


Namun dari sekian banyak yang tumbuh hanya sedikit yang bertahan. Pernah suatu ketika dibuka restoran “ Bandar Bakso”, dengan menempati areal dua ruko di Komplek Pertokoan Roksi, tetapi hanya dalam hitungan bulan sudah tutup. Ada juga rumah makan padang yang namanya sudah cukup familier di telinga kita, juga tutup. Kemudian tempat tersebut diganti dengan rumah makan Haji Slamet dari Solo yang menjual menu bebek.

Industri kuliner memang sangat menarik, dan anggapan para pebisnis pasti akan laku karena berkaitan dengan masalah perut. Disamping itu usaha kuliner bisa dikatakan tidak memerlukan banyak modal.

Oleh karena itu pantas banyak peminatnya dari yang bermodal tipis maupun tebal. Dari yang lulusan SD sampai lulusan sarjana. Karena usaha ini praktis tidak memerlukan banyak pengetahuan. Kalaupun toh diperlukan namun mudah dipelajari. Teman saya yang jualan bakso keliling, ketika ditanya waktu yang diperlukan untuk mempelajari membuat bakso, katanya cukup satu minggu.

Melihat kenyataan diatas kadang saya berpikir, jika para sarjana ikut-ikutan usaha kuliner yang tidak membutuhkan ilmu dan keterampilan yang banyak. Serta cukup dengan modal kecil, sepertinya anda telah mengambil peluang usaha para lulusan SMA kebawah dan pengusaha kaki lima. Karena itu ketika teman saya seoang manager perusahaan ingin membuka usaha bakso keliling saya protes. “Tegakah engkau mengambil lahan orang yang minim modal dan pengetahuan. Kenapa engkau tidak menggunakan ilmu dan pengalamanmu untuk berusaha yang lebih menggunakan daya kreasi, ilmu dan modal sedikit besar?”

Ya, para pencari peluang usaha ,para sarjana, dan para insinyur mari kita mengisi lahan usaha lain yang belum banyak tersentuh, dan belum banyak ditangani. Saya yakin masih banyak peluang usaha yang tersedia.
Semoga Bermanfaat.
See you in the top.

6 comments:

neyya mengatakan...

setuju banget.......... :)

sinta mengatakan...

Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ustazd hakim,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti apapun saran beliau syukur alhamdulillah Cuma 3 hari uang 5m yg saya minta itu terlihat jelas di depan mata saya sekarang saya bisa sukses seperti ini bisa beli rumah usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ustazd hakim berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ustazd hakim di nmr 082281871557 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

Unknown mengatakan...

assalamualaikum teman2 smua, saya agung suryadi dari pontianak. saya sebenarnya punya pemikiran untuk membuka usaha kuliner nusantara dengan mengusung tema resort di daerah saya. nah, saya masih bingung harus menentukan proposal yang bagaimana agar menarik perhatian para investor. soalnya klo di bilang tidak masuk akal, memang tidak masuk akal, karena ingin mencoba konsep seperti indomaret dan alfamart. mohon kmentar dari mas dan mbak2 yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. terima kasih

Albee mengatakan...

ide ide bisnis nya keren gan. harus dicoba salah satu. thank you

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Calls Only ::{+16264653418}
WhatsApp Only::{+33753893351}

Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
BBM: {D8980E0B}
Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar