Hal Remeh Tetapi Berdampak Besar

Dulu saya mengira, para orang kaya dan sukses itu telah melakukan sesuatu yang luar biasa, yang menyebabkan mereka menjadi kaya. Namun setelah membaca banyak buku bisnis dan bergaul dengan orang kaya, ternyata apa yang mereka lakukan tidak ada yang istimewa dan luar biasa.

Saya jadi teringat sabda Nabi Muhammad SWA. Suatu hari Nabi sedang duduk-duduk bersama sahabat, “sebentar lagi akan datang seorang ahli surga” kata Nabi. Para sahabat jadi penasaran siapa gerangan yang akan datang. Ternyata orang tersebut jarang dikenal oleh para sahabat. Lalu dikesempatan lain, Nabi berkata “ sebentar lagi akan datang penghuni surga”. Tidak lama kemudian datang orang yang sama. Salah seorang sahabat penasaran dengan pernyataan Nabi tersebut, dan ingin tahu amalan apakah yang dikerjakan sehingga dia termasuk ahli surga.

Suatu hari sahabat yang penasaran tersebut, datang ke rumah ahli surga minta ijin untuk menginap dirumahnya karena dia sedang dimarahi bapaknya. Sahabat tersebut sebenarnya ingin tahu amalan apa yang dikerjakan oleh ahli surga. Ternyata sampai malam ketiga beliau belum menemukan amalan istimewa yang dilakukan ahli surga. Apa yang dilakukannya ternyata biasa-biasa saja. “ Teman, sebelumnya saya minta maaf telah membohongi anda. Sebenarnya saya tidak dimarahi bapak saya. Tetapi saya menginap dirumahmu ini karena terdorong oleh rasa penasaran saya tentang sabda Nabi, bahwa anda adalah salah satu penghuni surga. Tetapi selama 3 malam menginap dirumah anda, saya tidak menemukan amalan istimewa yang anda lakukan. Bolehkah saya tahu amalan yang menyebabkan anda digolongkan Nabi sebagai ahli surga?”. “ Seperti yang anda ketahui saya tidak melakukan amalan apa-apa, namun mungkin amalan ini yang menyebabkan saya menjadi ahli surga. Setiap kali mau tidur saya selalu memaafkan dan mendoakan orang-orang yang menyakiti saya ketika disiang hari”

Para penghuni surga adalah orang paling bahagia dan sukses, baik didunia maupun diakhirat. Walaupun di dunia mereka nampak susah hidupnya dan penuh penderitaan, namun dihatinya sebenarnya penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan. Ternyata untuk meraih surga itu tidak susah dan dengan amalan istimewa. Namun hanya dengan amalan sederhana dan kitapun sebenarnya bisa melakukannya.

Begitu pula tentang meraih kesuksesan dan kekayaan , apa yang dilakukan orang-orang kaya dan sukses bukan sesuatu yang istimewa dan luar biasa. Tetapi semuanya biasa-biasa saja tiada yang istimewa. Mungkin karena pekerjaan yang biasa dan remeh inilah orang yang tidak sukses tidak mau melakukannya. Kerana mereka mengganggap untuk sukses harus melakukan hal-hal yang luar biasa.

Ada beberapa hal-hal sederhana yang dilakukan orang sukses dan kaya namun tidak dilakukan oleh orang gagal atau biasa-biasa saja. Pertama, rasa ingin tahu yang besar. Sebagaimana kisah diatas, sahabat yang penasaran dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggilah yang akhirnya mengetahui amalan penyebab masuk surga. Bukankah rasa ingin tahu itu bisa dimiliki oleh semua orang? Namun kenyataannya hanya orang yang sukses dan kayalah yang mau memelihara dan mengetahui manfaatnya. Dengan demikian jika anda ingin kaya dan sukses perbesarlah rasa ingin tahu anda. Cara memperbesar rasa ingin tahu adalah dengan mengetahui manfaat dari apa yang ingin anda ketahui. Atau anda berprinsip siapa tahu bermanfaat dimasa akan datang. Kita tidak tahukan?

Kedua, menghargai hal-hal kecil dan tidak mempermasalahkan hal kecil. Terkadang saya berpikir, sebenarnya orang miskin itu lebih sombong dari orang kaya. Saya pernah mempunyai pembantu, suatu ketika hasil ciciannya kurang bersih, kemudian istri saya mengingatkan” Mbak jika, tahu ada cucian yang kurang bersih mobk jangan diseterika, tapi dicuci lagi dan disikat?” begitulah kira-kira kata-kata istri saya. Eee dia nampaknya tersinggung sehingga besuknya dia minta berhenti.

Ada cerita yang lain, seorang ketua organisasi masyarakat meresa tersinggung dengan tingkah salah satu teman dan warganya. Eee dia langsung minta mengundurkan diri lantaran merasa haknya sebagai Ketua , diserobot oleh sang teman. Dan yang lebih kacau lagi yang dulunya rajin ke masjid, namun gara-gara peristiwa itu tidak mau ke masjid lagi. Bagaimana bisa menjadi orang besar dan sukses, baru mendapat sedikit pelecehan saja sudah tersinggung dan mundur

Ketiga, Menghormati dan menghargai orang lain.orang besar dan kaya ternyata sangat menghargai prestasi orang lain. Karena itu mereka bisa belajar kepada setiap orang dari tukang sapu, tukang becak sampai orang sukses lainnya.

Keempat, berhemat. Saya menyaksikan ternyata orang kaya itu tidak pemboros. Jika anda menyaksikan orang kaya yang pemboros, mungkin anda salah dalam memandang atau barangkali dia sebenarnya tidak kaya tetapi orang yang biar dianggap kaya.
Tetapi pemboros yang sebenarnya adalah orang miskin. Saya seringkali geleng-geleng kepala, melihat karyawan yang penghasilannya UMR tetapi menghabiskan lebih dari Rp. 10.000,- sehari hanya untuk membeli rokok. Mereka mau membuang 1/3 dari gajinya hanya untuk membeli rokok. Sungguh luarbiasa bukan?

Orang kaya juga mampu menahan atau menunda menikmati apa yang dihasilkan. Sementara orang miskin tidak sabaran untuk segera menikmati apa yang dihasilkan. “Hidup hanya sekali pak kenapa, dibuat susah. Sudah miskin susah lagi”. Atau “Mumpung masih bisa menikmati pak. Nanti apa kata nanti saja”.


Keempat hal yang remeh tersebut diatas sebenarnya mempunyai pengaruh yang besar pada kesuksesan seseorang. Namun karena dianggap remeh kebanyakan orang tidak memperdulikannya.

Cobadeh renungkan, apakah diri anda termasuk orang yang menyepelekan keempat hal diatas. Atau anda telah memilikinya dan memeliharanya.
Selamat bagi anda yang telah memiliki dan memelihara empat hal diatas. Saya yakin anda akan menjadi orang kaya sebentar lagi.

Semoga bermanfaat
See you at the top

2 comments:

Annas M. Yusuf mengatakan...

Assalamu'alikum Pak Muallif,

Bapak memang orang yang punya rasa ingin tahu yang besar, hal-hal seperti ini saja sudah jadi perhatian bapak, hmm...tingkah laku orang yang sukses dan kaya, Bapak perhatikan, Bapak jalankan dan Bapak Dapatkan.... Alhamdullillah. Semoga Saya menyusul Pak

yudha mengatakan...

saya tambahkan ya..., sudah saatnya kita menaiki gelombang sukses dgn fokus membantu sebanyak mungkin orang...

Posting Komentar