Manfaat Kesulitan Bagi Kesuksesan Anda

Suatu ketika saya berkenalan dengan seorang pemilik restoran Masakan Padang. Suatu kebiasaan yang saya lakukan apabila mendapatkan teman baru adalah mengorek tentang kehebatan atau kelebihan sang teman . Salah satu tujuannya adalah saya ingin mengenai cara dia meraih kesuksesan, yang nantinya dapat menjadi inspirasi bagi kehidupan dimasa mendatang. Begitulah salah satu cara saya mencari ilmu kesuksesan.

Namun ternyata cara tersebut berdampak ganda. Selain mendapatkan ilmu, saya juga mendapatkan simpati dari mereka. Karena mereka merasa saya menghargainya.

“ Saya bisa menjadi seperti ini, karena bibik saya” kata mas Budi, juragan Restoran Masakan padang suatu hari.” Maksudnya anda dibantu modal oleh bibi anda?” tanyaku ingin memperjelas.” Oh tidak. Tetapi karena ocehan dan makian biblah saya bisa menjadi seperti sekarang ini, Jika tidak mungkin saya seperti pemuda kampung lainnya. Hanya kesawah nyakul”
“Bisa dijelaskan persisnya?” tanyaku yang kebingungan
“ Ketika masih kecil aku diikutkan bibi saya, karena keluarga saya miskin. Namun bibi saya itu orangnya sangat pelit dan hemat. Suatu ketika saya sedang mencari rumput untuk memberi makan sapinya bibi. Karena belum sarapan dari rumah, saya sangat lapar sekali. Akhirnya saya mencabut singkong bibi untuk dibakar. Namun celaka ternyata bibi melihat dan memarahi saya habis-habis. Mengumpat dan memaki saya. Hati saya panas saat itu. Tanpa pikir panjang saya kabur dari rumah bibi pergi ke Jakarta. Akhirnya jadilah saya seperti ini. Saya bisa seperti ini karena menyimpan amarah yang luar biasa atas makian dan umpatan bibi. Namun Alhadulillahnya saya dapat mengarahkan amarah saya ke hal-hal positip. Saya bertekat , saya harus kaya. Saya tidak amau miskin apalagi jadi hinaan dan cacian orang” kata mas budi panjang lebar.
“Anda sampai sekarang masih marah dengan bibi anda?”
“O tidak. Sekarang saya justru hormat kepada beliau. Mungkin jika bibi saya tidak galak, saya tidak akan seperti ini?!”

Subhanallah, memang benar sekali firman Allah yang menyatakan “ setiap kesulitan ada kemudahan” atau” Boleh jadi apa yang engkau anggap jelek itu justru sebenarnya baik bagimu”. Dengan demikian hendaknya anda mesti merubah paradigma anda dalam menyikapi kesulitan yang datang menghampiri anda.

Setelah saya renungkan, ternyata kesulitan itu mempunyai banyak manfaat terhadap kemajuan dan kesuksesan kita, jika tidak salah dalam menyikapinya
Pertama, kesulitan merupakan cara alam mengajar dan mempersiapkan diri anda untuk mendapatkan kesuksesan yang tahan lama. Jika anda mendapatkan suatu masalah atau kesulitan, maka anda akan belajar bagaimana anda bisa menangani masalah tersebut. Jika anda sudah dapat menyelesaikan masalah tersebut Allah akan mengirim maslah baru yang lebih komplek dan sulit. Masalah yang selalu datang ini akan membuat diri anda pintar dan mempunyai daya tahan yang lebih baik. Sebaliknya jika anda tidak bisa menyelesaikan atau tidak mau mengambil pelajaran dari masalah tersebut, maka masalah yang serupa akan datang berulang-ulang sampai anda bisa mengambil pelajaran.
Kedua, kesulitan merupakan cara alam menggilir atau memindahkan kesuksesan dari satu orang ke orang lain. Dengan adanya kesulitan orang kaya bisa jatuh miskin, sedang yang miskin bisa menjadi kaya. Dengan adanya kesulitan pemimpin bisa jatuh dan digantikan dengan orang yang mampu menangani kesulitan tersebut

Ketiga, kesulitan akan menjadikan suatu perbuatan berkualitas atau berharga. Ibarat orang bermain bola, suatu goal yang dihasilkan dengan perjuangan yang keras akan mendapatkan presiasi yang tinggi oleh penonton. Coba bandingkan dengan goal yang diperoleh dengan cara mudah, umpamanya pihak lawan tidak mau melawan tetapi malah mempersilahkan untuk dibobol gawangnya. Tentu goal semacam ini tidak diapresiasi oleh penonton.

Keempat,kesulitan dapat menjadi bahan bakar untuk melejitkan kinerja kita. Seperti kisah diatas, suatu kesulitan atau masalah jika kita benar dalam menyikapinya, pasti akan mendatangkan kemenangan dikemudian hari.

Percayalah Allah tidak akan menyusahkan anda, dengan mendatangkan kesulitan atau masalah kepada anda. Namun sebaliknya Allah akan mempersiapkan diri anda, mendapat giliran, menjadi orang yang berkualitas kesuksesannya.

Jika demikian halnya, Siapa takut dengan kesulitan?!

Semoga bermanfaat
See you at the top

0 comments:

Posting Komentar