Berapa harga waktu anda perdetiknya?

Detik demi detik terus berlalu, tanpa anda mampu menghentikannya. Detik berganti menit, menit berganti jam dan jam berganti dengan hari. Hari berganti dengan minggu, minggu berganti dengan bulan dan bulan berganti dengan tahun.

Begitulah waktu terus berjalan. Tanpa kita sadari usia kita bertambah. Ini berarti pelan tapi pasti kita menuju ke usia tua. Sebuah masa yang tidak menyenangkan apabila kita tidak mempersiapkan diri ketika masa itu datang.

Pernahkah anda membayangkan bagaimana keadaan anda ketika usia anda diatas 50 tahun. Apakah anda masih bergelut dengan dunia berangkat pagi-pagi dan pulang pada malam hari hanya untuk mencari sesuap nasi dan membayar cicilan rumah yang belum lunas. Karena jika anda tidak bekerja, anda tidak bisa menghidupi keluarga dan rumah anda akan disita. Sungguh ini merupakan suatu keadaan yang sangat memilukan. Apalagi jika ditambah dengan penyesalan” Kenapa dulu ketika masih muda,saya tidak menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana yang dilakukan oleh si fulan. Kini si fulan benar-benar menikmati hari tuanya. Sedangkan saya…….?!

Ataukah anda bekerja hanya sekedar mengisi waktu, mengabdikan sisa waktu dan pengalaman yang anda miliki. Usia tua memang tetap harus sibuk. Namun kesibukkannya bukan hanya untuk mencari uang semata. Tetapi kesibukan untuk sebuah pengabdian. Karena segala kebutuhan hidup sudah tersedia berkat kerja keras ketika masih muda?.

Semua orang tanpa terkecuali dibekali modal yang sama oleh Allah, yaitu akal dan waktu. Namun anda dapat saksikan sendiri. Ada orang yang nilai waktunya Rp. 1.000.000,- perjam. Namun ada pula yang nilanya hanya Rp. 5.000,- perjam. Kenapa demikian? Karena mereka yang nilai waktunnya Rp. 1.000.000,- per jam, mengisi akalnya dengan ilmu dan menggunakan waktunya dengan ilmu yang dia peroleh tersebut.

Sebagai ilustrasi, perhatikan contoh berikut. Sebagai seorang muslim tentu anda melakukan sholat subuh. Bagi mereka yang tidak tahu ilmu tentang sholat subuh mereka akan melakukan sholat subuh dirumah. Yang penting kan sholat. Namun bagi mereka yang tahu ilmunya tentu mereka akan memilih solat berjamah di Masjid. Dengan ilmunya mereka rela sedikit bersusah payah bangun agak pagi dan melangkahkan kakinya ke Masjid. Kenapa? Karena sholat subuh berjamaah di Masjid mempunyai pahala atau hasil yang berlipat-lipat. Bahkan Nabi pernah menyatakan, jika seseorang tahu kebaikan yang ada bagi orang yang solah subuh berjamaah di Masjid, orang yang lumpuhpun akan berusaha mendatanginya.

Lalu apa kebaikan, pahala atau hasil yang diperoleh oleh orang yang sholat subuh di Masjid?. Masya Allah sungguh luar bisa banyaknya. Mereka selain mendapat pahala 27 x dari pahala sholat orang yang sholat sendirian, mereka juga akan mendapatkan pahala-pahala seperti; seakan-akan sholat sunnah separuh malam suntuk, dosanya akan diangkat dan akan diberi kebaikan sebanyak langkah kakinya dari rumah sampai ke Masjid. Dijanjikan akan mendapat penerangan di alam kubur, mendapat pahala silaturahmi, didoakan malaikat dan masih banyak lagi.

Lalu kenapa banyak orang muslim yang tidak mau Sholat subuh di Masjid? Mungkin mereka tidak tahu pahala yang akan dia peroleh. Atau jika mereka tahu, mereka kurang yakin terhadap janji Allah.

Padahal usaha yang harus dilakukan tidak berbeda jauh. Lama sholat hampir sama. Yang diperlukan hanya bangun sedikit lebih awal dan mau melangkahkan kakinya ke Masjid. Sungguh bodoh orang yang tahu pahala yang begitu besar yang dapat diperoleh dengan usaha yang sedikit namun tidak mau melakukannya.

Bagaimana dengan anda? Berapa harga waktu anda perdetiknya, permenitnya, perjamnya atau perharinya? Harga diri anda ditentukan oleh harga waktu anda. Dan itu semua yang menentukan adalah diri anda sendiri. Maka jangan anda resah atau bersedih jika anda dibayar rendah. Karena harga penawaran anda rendah. Maka orang lain akan membayar tidak lebih dari seberapa besar nilai penawaran diri anda.

Jika anda ingin dibayar dengan harga tinggi, tingkatkanlah nilai diri anda dengan mengisi akal dengan pengetahuan yang membuat nila diri anda bertambah besar. Gunakan waktu anda dengan melakukan sesuatu yang berdampak jauh lebih besar. Saya yakin jika anda mau melakukan dua hal tersebut diatas, anda akan menjadi orang sukses, kaya dan mulia.

Semoga bermanfaat
See you at the top

0 comments:

Posting Komentar