Kegigihan bagaimana anda bisa memilikinya?

Saya yakin anda telah mengetahui dan percaya bahwa salah satu sikap yang mesti dimiliki bagi orang yang ingin sukses adalah kegigihan. Namun banyak diantara kita yang mengalami kesulitan ketika ingin memiliki sikap ini. “Ya saya tahu, saya harus gigih dan ulet jika ingin kaya dan sukses, tapi bagaimana cara menanamkan sikap ini pada diri saya?”

Orang dikatakan gigih apabila dia pantang menyerah walaupun berbagai halangan menghadang. Semua halangan mereka hadapi dengan penuh kesabaran. Dengan demikan kegigihan memerlukan kesabaran. Kenapa ada sebagian orang masih tetap bertahan dan terus berjuang, sementara yang lain sudah menyerah?. Jawabnya karena mereka memiliki kesabaran. Lantas kenapa mereka mempunyai kesabaran yang tinggi? Karena mereka memiliki prinsip, keyakinan dan impian yang harus diraihnya. Mereka belum berhenti setelah impianya dapat diraih. Jadi kegigihan akan dimiliki seseorang, jika yang bersangkutan, mempunyai semangat yang kuat meraih impiannya.

Anda bisa menilai sikap gigih yang anda miliki. Misalnya anda membuat sekala 1- 10. Skala 1 mudah putus asa, lalu meningkat menjadi orang yang mempunyai tingkat kegigihan yang luar biasa, 10. Ada juga bisa minta bantuan teman dekat anda untuk menilai seberapa gigih diri anda, dengan mengajukan alasan dan contoh-contoh kasus kenapa teman anda berpendapat demikian.

Jika kegigihan yang dimiliki anda rasa kurang, anda dapat meningkatkanya melalui latihan. Sering-seringlah dengan kesadaran diri anda melatih kegigihan yang anda miliki. Anda bisa menjadikan kejadian sehari-hari, baik itu yang berhubungan dengan pekerjaan atau hubungan keluarga. Saya yakin seiring bertambahnya waktu tingkat kegigihan anda akan meningkat. Sebagai contoh, anda menghadapi customer yang sulit ditembus karena loyal kepada pesaing. Pertama anda menemui bagian pembelian namun dengan sikap kurang bersahabat dia menolak anda. Lalu anda menghubungi bagian, maintenance, “Kami sudah memiliki pelanggan, dan selama ini tidak ada masalah”. Sampai disini anda masih belum menyerah anda ketemu dengan user. Ee ternyata mereka juga menolak. Kemudian anda datang lagi kebagian pembelian dengan mengajukan strategi costdwon, namun mental juga. Hal yang sama anda ajukan ke bagian maintenance dan user, ternyata juga mental.

Namun anda tidak kalah akal, anda mencari informasi produk lain yang mereka butuhkan, siapa tahu anda bisa masuk melalui produk yang lain terlebih dahulu yang penting anda bisa terdaftar sebagai pelanggan mereka. Namun cara ini gagal juga. Menyerahkah anda? Oooo tidak. Anda akan terus datang dan datang dengan membawa cara baru untuk menaklukkan customer anda. Anda belum berhenti sebelum customer anda taklukkan. Kenapa anda begitu gigihnya? Karena disana terdapat tambang emas. Anda juga percaya jika aku sulit masuk, maka akan sulit pula untuk keluar.


Berlatihlah dengan kesadaran penuh bahwa anda sedang melatih kegigihan anda. Saya yakin tanpa anda sadari akan menjadi orang yang gigih. Selamt berlatih. Semoga kesuksesan anda akan segera tercapai



Semoga bermanfaat
See you at the top

0 comments:

Posting Komentar