Membuka Cabang or Menguatkan kantor pusat dulu.


Sudah lama saya mempertimbangkan membuka cabang, baik di Jakarta maupun di Tangerang. Namun walaupn rencana tersebut sudah hampir 2 tahun berjalan, rencana tersebut belum terealisasi. Saya bertanya dalam diri sendiri, kenapa demikan? Apakah saya ini termasuk orang penakut?

Apalagi jika memperhatikan teman-teman TDA yang seakan berlomba membuka cabang-cabang baru. Namun setelah saya pikir lagi, ternyata tertundanya rencana pembukaan cabang cukup masuk akal.

Paling tidak ada beberapa alasan kenapa saya tetap menunda pembukaan cabang. Pertama, kator di Cikarang yang menjadi kantor pusat PT Alfa Fikrindo Utama, mempunyai tempat yang startegis. Sementara itu kami masih belum mampu mengusai seluruh pangsa pasang yang ada disekitarnya. Jadi pasang pasar, masih terus dapat ditingkatkan. Memang saat sekarang mereka sudah dikuasai pesaing. Namun dengan adanya jarak yang dekat antara tempat produksi dan customer akan mempunyai nilai tambah dimata customer. Sekaligus ini merupakan latihan untuk terus menyerang pesaing, untuk mengetahui sejauh mana efektifitas dan kekuatan perusahaan dibandingkan dengan pesaing. Hal ini sejalan dengan prisip kami kuatkan pondasi dulu baru menjadi besar. Jangan sebaliknya karena resiko bangkrut akan lebih besar.

Kedua masalah pengawasan. Merekrut tenaga sales tidak gampang, apalagi sales technik. Pengawasan dan pelatihan produk mesti terus dilakukan. Dengan demikian kita mesti sering bertemu dengan para sales. Jika jaraknya jauh maka akan menjadi kendala.


Ketiga masalah biaya operasional.Membuka cabang ibarat membuat keluarga baru. Jadi semua pengeluaran yang ada dikantor pusat juga akan dikeluarkan dikantor cabang. Selain biaya sewa gedung, tentu akan ada banyak biaya-biaya lain yang sipatnya rutin. Umpamanya gaji office boy, orang pengiriman, bagian administrasi dan lain sebagainya.


Dengan 3 pertimbangan diatas maka kami masih tetap menunda pembukaan cabang baru. Lalu sampai kapan ?. Setelah kami merasa tidak mampu tumbuh dan berkembang lagi ditempat yang lama. Namun kami tetap melakukan persiapan untuk membuka cabang baru. Sehingga pada saatnya nanti kami tidak perlu melakukan persiapan lagi untuk membuka cabang baru. Utamanya persiapan ditenaga salesnya.
Semoga Bermanfaat
See you at The Top

1 comments:

laruno mengatakan...

bekerja merupkan sebuah cara untuk menghasilkan uang, tapi tidak semua menyenangkan. Temukan 3 cara memiliki pekerjaan terbaik di dunia di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia

Posting Komentar