Perusahaan tidak menjamin kenaikan karier anda

Pada sebauh pertemuan MMC1, ada salah satu anggota pernah mengatakan, bahwa dia pernah bertanya kepada atasannya, “Bagaimana karier saya kedepan pak?”. Sang atasan dari level manager sampai Direkur tidak bisa menjawabnya.
Ya memang demikianlah keadaannya. Perusahaan tidak menjamin kenaikan karier karyawannya. Perusahaan hanya berusaha memastikan bahwa mereka dapat menggaji karyawannya tepat waktu . Jika ingin karier naik, si karyawan senderilah yang berkewajiban menaikkan kariernya sendiri.

Namun anehnya, banyak para karyawan tidak menyadari akan hal ini. Mereka yang penting bekerja dan melakukan tugas dengan baik. Mereka beranggapan dengan menjadi karyawan yang rajin dan menjalankan tugas seperti yang diharapkan itu sudah cukup. Tetapi benarkan demikian?. Tidak. Kenaikan karier perlu diusahakan. Anda tidak otomatis naik jabatan dengan berlalunya waktu. Bahkan yang menyadari ,menginginkan dan telah mempersiapkan diri saja belum tentu kariernya bisa naik. Kenapa ? Anda dapat naik pangkat jika anda menyiapkan diri dengan baik dan ada tempat untuk naik pangkat. Namun jika tidak ada tempat karena atasan anda tidak ada yang naik pangkat, pindah kerja atau meninggal, anda tidak akan naik pangkat. Kecuali jika anda pindah ke perusahaan lain.

Saya menyadari kondisi ini sejak dari awal memilih pekerjaan. Ketika kejenuhan menunggu panggilan dari sekian banyak surat lamaran yang kami sebarkan, saya mendapat dua tawaran pekerjaan sekaligus. Pertama datang dari sebuah perusahaan elektronik yang cukup besar. Saya mendapatkan tawaran gaji sesuai gaji lulusan sarjana saat itu. Kedua datang dari perusahaan kecil dengan hanya 20 karyawan. Saya hanya mendapatkan tawaran gaji 1/3 dari gaji lulusan karyawan. Namun saya memilih yang terakhir karena pempinan perusahaan itu mengatakan , saya akan dijadikan manager produksi dengan gaji 5-7 kali lipat dari gaji lulusan sarjana.

Alhamdulillah dalam kurun waktu 2 tahun saya sudah menjadi Manager Produksi di Perusahaan itu. Seandainya saya dulu memilih perusahaan elektronik yang besar, saya tidak tahu apakah bisa menjadi manager atau tidak. Karena perusahaan besar tentu sudah mempunyai aturan yang baku.

Jadi pastikan karier anda terus naik. Jangan mau anda tertahan dalam suatu tempat cukup lama, walaupun anda telah memiliki gaji tinggi. Hidup harus tumbuh dan berkembang. Hari ini mesti lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok mesti lebih baik daripada hari ini. Anda akan bisa memprediksi hari esok lebih baik dari pada hari ini jika anda terus menerus berupaya lebih baik dan lebih cerdas dengan menambah ilmu dan tekad untuk maju.

Semoga bermanfaat,
See you at the top

0 comments:

Posting Komentar