Tiada Kesuksesan Tanpa Kerja Keras

Semakin banyak bertemu dengan orang sukses, semakin mantap keyakinan saya, bahwa tiada kesuksesan tanpa kerja keras. Jika ada peribahasa mengatakan “hemat pangkal kaya”, maka dapat dikatakan pula “kerja kersa pangkal Sukses”. Dibidang apapun kesuksesan butuh kerja keras. Saya pernah membaca biografinya orang-orang soleh yang sukses, merekapun juga bekerja keras. bahkan Nabi sendiripun juga pekerja keras

Mungkin ada orang sukses yang menyangkal terhadap kebenaran pepatah “ kerja keras pangkal kesuksesan”, seperti yang sering dilakukan oleh Om Bob, namun setelah diselidiki ternyata mereka itu, juga bekerja keras. Mereka hanya ingin menghibur anda. Mereka juga bekerja keras. Namun karena mereka menikmati kerja kerasnya, pengorbanan waktu, tenagan dan pikirannya tidak dirasakan sebagai kerja keras. “ Siapa bilang saya kerja keras, saya hanya main-mian saja” begitulah kira-kira kata Om Bob.

Namun setiap kali saya bertemu dengan orang yang lebih sukses dari saya, apalagi mereka itu jauh lebih muda usianya atau lebih rendah pendidikannya. Perasaan saya menjadi panas dingin. “ Lif, ternyata keberhasilanmu belum ada apa-apanya. Kemana saja selama ini Lif”. Timbulnya sikap demikian bukan karena saya kurang bersyukur terhadap apa yang saya capai selama ini. Atau saya iri dengan kesuksesan mereka. Tidak, sama sekali tidak. Tetapi saya merasakan dan menyadari ternyata ada cara lain untuk lebih cepat sukses. Atau ternyata kerja keras yang selama ini saya lakukan belum maksimal. Apalagi ketika ketemu Mr Kun, yang masih muda sudah mampu menulis buku. Batin saya terasa tercabik-cabik. Ternyata waktu saya tidak terlalu produktip.

Ketika mengikuti pelatihan UTHB , saya merasa terinspirasi sekali dengan mendapatkan rumus sukses

Have = Be x Do

Rumus yang sangat sederhana namun cukup mewakili untuk mengantarkan anda menjadi sukses.

Rumus tersebut diawalai dengan Have, yang menggambarkan kesuksesan apa yang ingin anda raih, baik itu kekayaan, karier maupun jabatan. Jika anda ingin sukses maka tentukan, Have yang anda inginkan.. Setelah anda menentukan have, barulah anda menyiapkan Be dan melakukan Do.
Be meliputi keterampilan dan pengetahuan yang anda miliki. Sedangkan Do berhubungan kerja keras anda. Jadi umpamnya anda menginginkan Have anda bernilai 4, maka anda bisa melakukan dengan 3 cara.

Have = Be x Do

4 = 1 x 4

4 = 2 x 2

4 = 4 x 1

Cara pertama agar anda memiliki kesuksesan dengan grade 4, anda mempunyai be 1, artinya pendidikan, pengetahuan dan keterampilan atau skill anda rendah. Kemudian anda melakukan kerja keras 4 x lipat dari biasanya, maka anda bisa mendapatkan kesuksesan dengan grade 4.
Cara lain mendapatkan kesuksesan grade 4, anda bisa melakukan cara kedua dan ketika, yaitu dengan menambah pendidikan, pengetahuan, wawasan dan keterampilan (skill) anda, meskipun hanya bekerja biasa-biasa saja, anda dengan mudah dapat meraih kesusesan dengan grade 4.

Apa jadinya jika anda terus menambah pendidikan, pengetahuan, wawasan, perbaikan sikap, keterampilan dan melakukan kerja 3 atau 4 x lebih keras dari orang lain, tentu anda akan mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.Jika Be anda 30 dan melakukan kerja keras 3, anda akan mempunyai Have, 90.

Sungguh sederhana bukan, untuk menjadi sukses itu?

Dari rumus diatas cara terbaik untuk menjadi sukses adalah dengan meningkatkan nilai Be anda. Kabar baiknya anda dapat meningkatkan nilai Be anda setinggi apapun. Sebaliknya anda tidak bisa meningkatkan Do anda terlalu banyak. Do anda sanngat terbatas. Waktu anda tenaga anda sangat terbatas. Karena itu jika anda ingin sukses dengan mudah lakukan dengan cara yang cerdas, dengan meningkatkan nilai Be anda.
Bergaullah dengan orang sukses, dengarkan mereka meskipun mereka mungkin sedikit membual atau berbohong. Karena yang penting bukan siapa yang berkata, tetapi apa yang dikatakan. Jika itu suatu kebenaran, walaupun itu datangnya dari anak kecil atau penjahat sekalipun, ambillah. Kebenaran kata-kata akan sama manfaatnya, baik itu dikatakan oleh orang baik atau jahat, tua atau muda. Ikuti seminar dan pelatihan. Baca buku-buku yang berkaitan dengan bidang yang anda geluti. Terus kembangkan sikap positip dan besarkan mimpi anda. Dan jangan lupa kerja keras, agar hasilnya berlipat.

Semoga kita selalu diberkati dan dijaga Allah, kita tetap diberi semangat untuk mengisi kehdupan ini dengan berkerja yang lebih produktip, sehingga kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang banyak manfaat bagi orang lain.


Semoga bermanfaat.
See you in the top

2 comments:

Bicara tentang pendidikan, menurut saya tidak harus lulusan perguruan tinggi karena utk memperoleh wawasan, pengetahuan & ketrampilan bisa diperoleh melalui banyak membaca buku bermutu yang terkait dg bidang yg kita inginkan. Pendidikan tinggi bukanlah jaminan. Pendidikan yang murah & sangat bermutu justru bisa didapat dari buku.

Unknown mengatakan...

Betul pak saya setuju. memang yang penting kemauan belajarnya. saya sering menemui sarjana tapi tidak tahu apa-apa. sementara hanya lulusan stm namun dia tahu banyak karena banyak membaca. namun jika sarjana mau belajar tentu akan lebih baik dari yang tidak kuliah.

Posting Komentar