4 Pilar kesuksesan dan Kebahagiaan

Semakin saya mendalami tentang Islam, semakin yakin hati saya bahwa Islam merupakan agama yang lengkap, yang mengajarkan kesuksesan dan kebahagiaan baik dunia dan akhirat. Lalu kenapa, pada saat ini yang nampak adalah umat Islam yang kumuh, miskin dan bodoh. Jawabnya adalah karena umat Islam, banyak yang tidak tahu tentang Islam itu sendiri sehingga mana mungkin melakukannya?. Atau mereka telah meninggalkan Islam. Kemudian mereka mencari konsep-konsep kesuksesan dan kabahagiaan ala barat, yang mereka anggap orang barat telah mencapai kesuksesan dan kebahagiaan yang seperti mereka idam-idamkan.Padahal sejak 1400 tahun yang lalu Islam, telah memberikan konsep-konsep kesuksesan dan kebahagiaan yang telah dibuktikan oleh zaman Kekolifahan dan Kilafah Islamiah.


Setidaknya saya telah menemukan 4 pilar ajaran Islam yang dapat mengantarkan kita menjadi sukses dan bahagia dunia akhirat. Selayaknya sebuah rumah, mungkin cukup memerlukan satu pilar saja untuk menyangganya. Namun jika mempunyai lebih banyak pilar tentu rumah tersebut akan semakin kuat dan kokoh. Dengan hanya menegakkan satu pilar saja andapun sebenarnya sudah bisa sukses. Namun jika anda mengembangkan dan menegakkan ke 4 pilar ini, kesuksesan anda jauh lebih kokoh dan tidak tergoyahkan. Karena sebenarnya ke empat pilar ini sebenarnya saling berkaitan, dan saling menyokong.

Pilar yang pertama adalah berdasarkan sabda Nabi “ Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi banyak orang”. Pernyataan ini menggambarkan tentang visi dan misi. Jika kita berpegah teguh dan menjalankan apa yang dinyatakan Nabi diatas, kita akan berpandangan bahwa, hidup ini bukan hanya sekedar untuk kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi dan keluarga sendiri saja. Tetapi kita hendaknya selalu berusaha dan bekerja dengan sekuat tenaga untuk kemanfaatan sebanyak-banyaknya manusia. Pilar ini jika ditegakkan tentu akan membawa kesuksesan dalam bidang apapun yang diinginkan manusia, baik itu kelimpahan harta, ketenaran atau popular dan kebahagiaan.

Seorang bisnismen akan mempunyai peluang yang besar untuk menjadi orang yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain. Jika kita mempunyai perusahaan garmen dengan 1000 karyawan umpamanya. Betapa banyak orang dapat kita hidupi? Minimal 1000 orang. Namun jika 1000 karyawan tersebut telah berkeluarga dan mempunyai 2 orang anak, berarti kita telah menghidupi 4000 orang. Belum lagi yang terlibat dengan bisnis kita, mulai dari angkutan, distributor ,agen, retail dan mereka yang mengenakan baju yang anda jual. Betapa besar pahala yang kita peroleh dari bisnis ini, jika setiap baju yang anda keluarkan mendatangkan pahala, karena anda membantu orang lain menutup aurotnya? Lalu berapa banyak keuntungan yang akan anda peroleh dari bisnis ini? Keuntungan anda sebanding dengan sebarapa banyak orang yang anda layani.

Selain itu pilar ini, mengajarkan bekerja tanpa pamrih. Mereka yang menegakkan pilar ini yang diutamakan adalah berbagi, berbagi dan berbagi. Mereka tidak peduli kepada apa yang mereka peroleh. Mereka memiliki pandangan “ Apa yang dapat saya persembahkan untuk bangsa ini. Apa yang dapat saya lakukan untuk kemajuan perusahaan ini. Apa yang dapat saya lakukan untuk kebahagiaan dan keselamatan anak dan istri saya”

Mereka yang menegakkan pilar ini tidak pernah merasakan kecewa, ketika apa yang dikerjakan belum memberikan apa-apa. Urusan mereka hanyalah bekarya sebaik mungkin, nanti cepat atau lambat keuntungan pasti akan mereka raih. Merekapun menganggap keuntungan bukan hanya sekedar materi, melihat orang bahagia dan terseyumpumpun sudah merupakan keuntungan.

Jika mereka berbisnis, mereka tidak panik jika apa yang mereka jual belum laku atau ketikammenghadapi persainangan. Dalam benak mereka tidak pernah terlintas pikiran untuk mencari kekuatan lain, seperti limu penglaris dsb. Karena mereka bekerja berdasarkan rasa ingin membantu orang lain. Sehingga kesabaran dan ketabahan yang akan tumbuh mengikuti perjalanan bisnisnya. Sabar bukan berarti menerima tanpa terus meningkatkan kinerja. Tetapi tetap ulet dan kekeh untuk tetap berjuang didalam menggapai apa yang cita-citakan.

Lalu siapa orang yang mampu menghentikan kemauan dan semangat yang dimiliki oleh pemilik pilar ini ?. Tidak ada yang mampu kecuali dirinya sendiri dan Allah. Dengan demikian kesuksesan tinggal menunggu waktu saja. Rasanya tidak ada orang besar yang tidak mempunyai pilar ini.

Kemudian bagaimana caranya agar pilar ini dapat kita miliki? Mudah, anda hanya cukup menanamkan dalam hati, ingin menjadi orang paling bermanfaat bagi banyak orang. Kemudian buktikan kemauan anda tersebut dengan selalu barusaha membantu orang lain dari lingkungan anda terdekat, keluarga, tetangga, perusahaan, teman dan masyarakat. Kemudian terus kembangkan peran anda sampai ke tak terbatas. Jangan pernah ada peristiwa atau orang yang mampu menghentikan tekad anda untuk berbagi.
Bersambung ......
Semoga bermnafaat.
see you at the top

0 comments:

Posting Komentar