6 Cara sederhana dan tanpa biaya meningkatkan penjualan anda

Banyak para pemula bisnis menyangka bahwa agar usaha bisa dikenal orang mesti mengeluarkan banyak biaya. Sehingga banyak modal tersedot pada bidang promosi dan marketing. Padahal paling tidak ada 6 cara yang sederhana dan murah jika tidak boleh mengatakan tanpa biaya yang dapat anda lakukan untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan anda.

Membuat blog dan pasang iklan gratis. Atau membuat web gratisan seperti di Indonetwork atau alibaba. Dengan cara ini nama PT Alfa Fikrindo Utama mudah dikenali. Jika anda mengetik “ Heater" atau “thermocouple” di google, PT Alfa Fikrindo Utama, ada dihalaman pertama. Bahkan saya sering menyaksikan di halaman pertama dan baris pertama. Keren kan?. Mengenai hasilnya jangan ditanya. Pokoknya banyak deh. Hehehe.


Tebar kartu nama. Dimanapun dan kapanpun anda ketemu seseorang jangan malu dan ragu, berikan kartu nama anda dan jelaskan secara singkat aktifitas usaha anda. Apalagi jika anda datang di pesta perkawinan, sunatan atau seminar. Bawalah kartu nama anda dan sebarkan sebanyak mungkin. Siapa tahu salah satu dari mereka atau teman mereka akan menjadi jalan masuknya order bagi anda. Karena setiap orang mempunyai teman, dan mereka akan merasa senang membantu temannya jika dibtuhkan. Siapa tahu ketika teman mereka membutuhkan produk anda, lalu mereka mereferensikan anda kepadanya.

Ikuti milis. Jadilah anggota milis sebanyak-banyaknya. Meskipun milis yang tidak ada kaitannya dengan bidang usaha, hobi atau karier anda. Karena bisa jadi pasar anda disitu.

Minta referensi. Ketika anda sudah akrab dengan pelanggan dan mereka sudah merasakan manfaat dari produk anda mintalah kepada mereka, barangkali mereka mempunyai teman yang membutuhkan produk mereka. Atau tanyakan pesaing-pesaing mereka. Namun hati-hati jangan sampai mereka tersinggung.

Jadikan pesaing sebagai mitra. Jika anda mempunyhai produk unggulan, mintalah pesaing anda utuk turut menjualkan produk anda.

Tawarkan produk yang berhubungan dengan produk yang anda jual kepada customer anda.

Keenem cara diatas merupakan cara yang sederhana, mudah dilakukan dan berbiaya murah atau bahkan tidak berbiaya sama sekali. Saya telah membuktikannya. Cobalah, jika tidak percaya.

Semoga bermanfaat.
See you in the top

3 comments:

Berbagi mengatakan...

Tulisan yang bagus dan bermanfa'at, terutama bagi saya.
Terimakasih atas share ilmunya, semoga mendapat berkah Allah SWT.

admin mengatakan...

Membaca artikel Bapak "6 cara meningkatkan penjualan" anda menulis tebar kartu nama (promosi), yg ingin saya tanyakan apakah anda hanya menebar kartu nama ketika hanya ada event2 tertentu misal pesta, reuni ato Bapak juga sengaja menebar kartu nama anda dengan cara door to door (sales) terhadap calon customer anda???
Maaf pertanyaan saya kurang bermutu, karena saat ini saya benar-benar ingin belajar menjual produk dan menambah relasi, saya benar-benar buta dalam hal marketing. Beberapa hal yang mendorong saya untuk belajar marketing adalah banyak perusahaan besar dan orang yang menduduki jabatan puncak basic-nya dulu adalah seorang marketing. Apakah benar demikian Pak???
Walopun jujur saya akui, sangat berat harus mulai dari mana untuk dapat menjadi seorang marketing tanpa mempunyai dasar sama sekali dibidang marketing. Mohon masukkannya Pak. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

terima kasih mas Fausta. jangan takut bertanya hanya karena merasa pertanyaan kurang bermutu. namanya orang tanya seperti orang meminta, kadang si pemberi meresa enggan atau menolak. namun kita tidak boleh menyerah apalagi putus asa?. kami juga melakukannya door to door. karena membagi kartu itu hanya pasive, jadi kita hanya bisa berharap mereka tahu dan kenal perusahaan kami. biasanya jika kita memberi kartu mereka akan memberi kartu juga,disinilah kesempatan kita memfolouw up dengan pertemuan atau telepon.
Perusahaan intinya memang penjualan. karena itu keterampilan menjual merupakan pintu masuk yang aman untuk menjadi wirausahawan. karena tidak salah jika banyak pemimpin puncak yang background marketing.

Posting Komentar