Kenapa Saya Mesti Beli Kepada Anda

Pembinaan sales di PT Alfa Fikrindo Utama dilakukan seminggu sekali, tiap hari Sabtu. Namun jika ada salah satu sales yang berhalangan atau melakukan kunjungan pada hari Sabtu, jadwal meating dirubah menjadi Jum’at malam.

Dulu sebelum kami mempunyai manager sales, pertemuan saya pimpin sendiri. Namun kini setelah mempunyai Manager Sales, saya hanya sesekali saja mengikuti pertemuan tersebut. Ketika saya ada kesempatan bertemu dengan mereka kalimat yang sering saya sampaikan adalah ”Kenapa saya mesti membeli kepada anda?”. Kalimat ini sengaja saya sampaikan untuk merangsang para sales untuk mengetahui dan menggali potensi apa yang mereka miliki sehingga customer mau membeli kepadanya. Karena saya menyadari yang menjadi alasan utama customer membeli, bukan karena kualitas produk anda,. Apalagi berjualan barang tehnik seperti yang kami lakukan.

Jika anda bersaing hanya mengandalkan kualitas produk, harga termurah,pelayanan yang bagus dan delivery yang cepat anda akan kalah dan gagal. Karena customer adalah manusia. Mereka mempunyai perasaan suka dan tidak suka. Faktor inilah yang mengambil peran penting terhadap keberhasilan anda. Oleh karena itu anda harus mampu mengambil hati customer.

Celah inilah yang dapat dipakai bagi perusahaan kecil, untuk mengambil pasar perusahaan besar yang telah memiliki produk berqualitas, pengiriman yang tepat waktu, dan harga yang murah. Langkah ini akan lebih mudah dilakukan dari pada anda bersaing terhadap head to head dengan qualitas, pengiriman dan harga dengan perusahaan besar atau perusahaan yang lebih dulu berjalan.

Jika anda bersaing dengan qualitas produk, pengiriman tepat waktu, dan harga yang murah, anda akan membutuhkan banyak modal, tenaga pikiran dan waktu yang cukup lama. Namun jika anda berfokus pada pada cara mengambil hati customer anda modal dan waktu yang anda butuhkan akan jauh lebih kecil

Anda hanya cukup berusaha dan menjadikan sales anda menjadi orang yang peduli, santun dan bersedia mati demi customer. Bersedia mati demi customer? Ah bisa saja?!. Bersedia mati demi customer maksudnya, anda bersedia melayani customer dengan sepenuh hati. Kesulitan customer juga kesulitan anda. Masalah customer juga menjadi masalah anda. Jika anda berbuat dan besikap demikian siapa yang tidak mau anda layani?

Uniknya lagi, cara mengambil hati ini tidak semua orang bisa dan mau melakukannya. Ini membutuhkan kesabaran dan kesungguhan. Apalagi dijaman sekarang yang inginnya serba instant. Oleh karena itu, jika anda bersaing dengan jara demikian anda akan menjadi pemenangnya. Karena anda telah dengan sadar mengambil langkah ini menjadi strategi anda untuk menguasai pasar. Anda akan menjadi lebih siap dan sabar terhadap proses yang dibutuhkan dalam membentuk pribadi dan perilaku anda yang dapat merebut hati customer anda.

Agar anda dapat menjadi pribadi yang demikian anda harus banyak membaca, bergaul dengan orang sukses dan berusaha tanpa henti untuk terus memperbaiki diri, berusaha menjadi pribadi yang baik. Berbicara yang mengesankan. Sehingga kepribadian anda bernilai sejuta dollar.

Sekali lagi ingat” Customer adalah manusia. Customer tidak berhubungan dengan perusahaan anda. Customer berhubungan dengan anda dan orang-orang anda. Rebutlah simpati mereka dengan kepribadian dan bersedia bersedia mati demi customer anda”. Dengan cara ini anda akan mampu mengalahkan pesaing anda meskipun mereka bermain kontor dengan memberikan komisi atau upeti yang lainnya. Cara ini bisa mengalahkan semuanya.

Semoga bermanfaat.

See you at the top

1 comments:

Writer mengatakan...

yang penting adalah pelayanan.. terima kasih sudah sharing pak. banyak belajar dari TDA saya. walopun masih newbie. :)

Posting Komentar