Bakso Ikan, Kenapa tidak?

Pada pertemuan CEO Business Forum, yang diselenggarakan oleh Jababeka Industrial Estate 2 minggu yang lalu ada beberapa yang menarik perhatian saya. Pertama , mengenai sudah beroperasinya Dray port di Jababeka. Kedua, akan segera dibangunnya pintu tol di KM 34, yang akan beroperasi pada tahun 2012. Dengan dibangunnya pintu tol ini akan mampu menyelesaikan kemacetan yang terjadi dikawasan industri di Cikarang yang nampaknya semakin hari semakin parah saja. Dan yang ketiga adalah paparan menngenai potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang di bawakan oleh Bpk Thomas Dharmawan.

Meskipun pertemuan dimulai pukul 13.00, namun pak Thomas mampu membawakan seminar dengan sangat menarik dan menghibur. Praktis tidak ada peserta yang mengantuk.


Dalam pertemuan tersebut pak Thomas mengatakan bahwa, betapa kaya dan makmurnya Negara kita ini, mempunyai laut dan pantai yang sangat luas. Keadaan ini akan memberikan potensi kehidupan yang luar biasa. Ditambah lagi air yang sangat berlimpah. Hal ini akan mempermudah meningkatan pendapat masyarakat dari sector perikanan dan kelautan.

Namun sayang kesadaran masyarakat untuk melaut masih minim, sehingga banyak ikan-ikan kita dicuri oleh nelayan Negara tetangga. Kondisi ini diperparah oleh masih rendahnya minat masyarakat mengkonsumsi ikan.

Pahal ikan merupakan sumber protein yang sangat baik bagi pertembuhan dan kecerdasan. Disamping itu harga ikan masih sangat murah dibandingkan dengan sumber protein hewan lainnya. Contohnya harga ikan masih dibawah dari harga ayam. Apalagi jika dibandingkan dengan daging kambing atau sapi, tentu akan jauh lebih murah.

Bagi mereka yang berminat pada bisnis kuliner kenapa tidak menjadikan ikan sebagai menu utamanya? Bukankah ikan dapat dimasak menjadi berbagai macam menu masakan? Bahkan ikan juga dapat dibuat menjadi bakso. Bakso ikan. Ya Bakso ikan kenapa belum/ atau jarang kita temua dipasaran? Kebanyakan warung atau restoran Bakso yang mereka jual selalu Bakso Sapi. Padahal sampai saat ini kita masih belum mampu berswadaya daging sapi. Kita masih mengimpor daging sapi. kenapa tidak digalakkan Bakso Ikan?

Selamat mencoba,
See you in the top

1 comments:

Jual Tahu Bakso Jogja mengatakan...

Bermanfaat sekali artikelnya,terimakasih.Salam hangat dari Juragan tahu bakso

Posting Komentar