Bukan Modal tetapi Penjualan

Setiap kali saya bertanya kepada seseorang yang tidak kunjung memulai usaha atau yang usahanya berjalan ditempat, mereka sering mengatakan belum punya modal atau kekurangan modal. Nampaknya modal masih merupakan kambing hitam yang cukup laku dijual. Namun benarkah demikian? Benarkan mereka yang sekarang ini sukses dalam merintis bisnisnya adalah orang yang mempunyai cukup modal?

Jika anda benar-benar mau mengamati ternyata tidak. Kebanykan mereka berasal dari bawah. Lalu bagaimana mereka bisa berhasil? Karena mereka mengusai inti dari bisnis, yaitu penjualan. Ya, mereka pandai menjual. Hampir semua pengusaha sukses adalah orang yang pandai menjual.


So jika mereka tidak mempunyai produk untuk dijual, mereka dapat menjualkan produk orang lain. Mereka menjadi calo. Namun hal demikian sering dilupakan oleh para pemula. Yang ada dibenak mereka menjadi seorang pengusaha itu harus, memiliki surat ijin usaha, mempunyai produk, mempunyai kantor. Sehingga mereka beranggapan memulai usaha harus memiliki modal.

Seandainya mereka sadar bahwa inti dari bisnis adalah penjualan, mestinya hal pertama yang dilakukan adalah belajar bagaimana menjadi seorang penjual yang ulung. Jika mereka telah menjadi penjual yang ulung, maka apapun yang ada ditangan mereka, apapun yang ada didekat mereka atau yang mereka lihat semuanya dapat menjadi uang.

So sebelum anda terjun menjadi seorang pengusaha, miliki keterampilan menjual. Dengan demikian langkah anda menjadi seorang pengusaha akan terbuka luas.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya menjadi seorang penjual yang ulung?. Anda harus pratik. Anda harus latihan menjual. Karena menjual adalah suatu keahlihan. Sedangkan keahlihan itu akan dapat dimiliki jika anda melakukannya berulang-ulang, kemudian hasilnya selalu dievaluasi.


Semoga bermanfaat.
See in the top

0 comments:

Posting Komentar