SEperti Apa Big Design Usaha Anda?

Setiap kali saya ditanya seseorang tentang kelayakan suatu bisnis, saya selalu mengatakan” Adakah orang yang berusaha dibidang ini dan berhasil?.” Jika ada seberapa besar tingkat keberhasilannya. Apakah keberhasilan tersebut cukup membuat anda tertarik? Jika jawabnya ya, dan anda suka menjalankannya, lakukan. Namun jika tidak, saya kawatir anda hanya buang waktu dan tenaga saja.

Namun saya sering menjumpai banyak pemula bisnis yang memulai dengan hal kecil dan sederhana. Saya bukannya sok pintar atau sok punya modal. Tetapi jika usaha hanya sekedar usaha dan tidak diawali dengan mimpi besar, saya takut bukannya hasil yang diperoleh tetapi kegagalan.


Niat kita berbisnis bukan hanya sekedar ikut-ikutan atau biar dikatakan pengusaha. Namun niat kita berbisnis untuk mendapatkan kelimpahan harta dan pada akhirnya dapat digunakan untuk berbagi. Bukankah menjadi hal yang sangat disayangkan apabila kita telah menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya, tetapi usaha yang kita jalankan berjalan ditempat disebabkan oleh bisnis yang kita tekuni merupakan bisnis yang tidak bisa dikembangkan lebih besar?.

Mungkin anda akan mengatakan, “ kita kan bisa beralih ke bisnis yang lain. Jika kita sudah punya pengalaman berbisnis, akan lebih mudah menjalankan bisnis yang lain”. Mungkin saja jawaban anda tersebut benar, tetapi alangkah enaknya jika anda sudah mulai berpikir dari awal. Anda sudah tahu besarnya sasaran yang ingin anda capai.

Dengan demikian mengawali usaha dengan bermimpi yang besar, kemudian membaginya dengan tingkatan atau tahapan yang kecil akan memudahkan anda, meraih apa yang anda inginkan. Anda ditengah jalan tidak perlu tengok kanan-tengok kiri lagi. Karena anda sudah berada dijalan yang benar dan lebar. Anda tinggal mengatur kecepatan, menekan gas sebesar yang anda mau, memperkatikan kemampuan kendaraan anda dan focus pada sasaran besar yang telah anda lakukan.

Namun jika anda memulai usaha tanpa menghiraukan design besar usaha anda, saya kawatir, anda akan kehilangan semangat ditengah jalan, karena selama ini bukan keuntungan yang yang dapat, namun hanya kepuasan sesasaat karena anda telah berhasil membuka usaha. Kepuasan semacam itu hanya berlangsung sesaat. Lalu ketika anda menghadapi kenyataan bahwa usaha yang anda lakukan tidak semudah yang dibanyangkan anda dengan mudah menutupnya. Kenapa anda mudah melakukan usaha? Karena hasil usaha anda lebih besar dari gaji yang anda peroleh ditempat kerja. Karena hasil usaha anda tidak sebanding dengan usaha, tenaga dan biaya yang anda keluarkan. Karena anda tidak yakin usaha anda bisa menghasilkan keuntungan yang jauh melebihi gaji anda yang sekarang.


Semoga bermanfaat.
See in the top

0 comments:

Posting Komentar