Ingin sukses, sukseskan lain.

Membaca judul diatas, nampaknya aneh ya. Wong ingin sukses kok mensukseskan orang lain. Mestinya kan kita berusaha untuk menyukseskan diri sendiri. Lagian bagaimana kita bisa sukses dengan menyukseskan orang lain. Nyatanya bapak ibu guru SD kita, masih seperti itu saja. Padahal ada yang anak didiknya menjadi Bupati maupun Gubernur.

Namun coba perhatikan dan pikirkan baik baik. Kenapa seorang suami atau ayah mau bekerja keras membanting tulang, memeras keringat dan otaknya? Tentunya jawabnya ingin memberikan yang terbaik buat keluarganya, istri dan anaknya. Dia ingin menyukseskan istri dan anaknya. Ketika dia sudah merasa cukup telah memberi yang terbaik( menurut pandangan dia sendiri), maka dia mulai berhenti atau mengurangi usahanya, sehingga pertumbuhan kesuksesannya mulai menurun. Dan akhirnya dia berada pada zona nyaman.

Seandainya sang suami atau ayah tadi, tidak merasa cukup dengan memberi kesuksesan pada keluarganya, maka ceritanya akan lain. Seandainya jika dia ingin menyukseskan orang tuanya, saudaranya, temanya, anak buahnya dan atau bangsanya. Maka sang suami atau ayah tersebut akan terus berusaha menambah pengetahuan dan keterampilannya, sehingga dia mampu mencapai jabatan tertinggi diperusahaannya. Kenapa? Karena dia mampu memimpin dan menginspirasi anak buahnya atau teman sejawatnya. Sehingga para pemegang saham sepakat mengankat dia menjadi Presiden Direktur.

Sang suami atau ayah tersebut, tidak berhenti disini. Dia melihat masyarakat disekitarnya masih tertinggal, anak mudanya seakan tidak memiliki semangat hidup, tudak memiliki harapan dan masa depan yang cerah. Maka disela sela kesibukannya sebagai Presiden Direktur, dia membina anak muda dilingkungannya, menyemangati mereka dan memberdayakannya.

Perjalanan sang suami atau ayah tersebut tidak cukup disitu. Dia akhirnya mendirikan sekolah unggulan yang terjangkau oleh masyarakat ekonomi menengah kebawah. Dia berpikir, tidak ada anak yang bodoh. Yang ada adalah yang tidak tahu kenapa mereka sekolah. Yang ada adalah anak yang tidak memiliki harapan dan cita cita yang tinggi. Yang ada adalah anak yang tidak tahu bagaimana caranya belajar dengan baik, sehingga mampu memaksimalkan otak yang dimiliki. Yang ada adalah anak yang didik oleh guru yang salah, yang tidak layak menjadi guru. Yang ada adalah anak yag berada dilingkungan yag salah.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut dia membaca berbagai macam buku yang berkaitan dengan minatnya. Dia mengikuti banyak seminar tentang pendidikan. Dia mengungjungi berbagai sekolah unggulan yang ada. Akhirnya dia mampu mewujudkan sekolah yang diharapkannya. Pada akhirnya kesuksesan dia bertambah dan terus bertambah.

Sehingga disaat menyendiri dia merenung, dia berpikir. Kenapa saya berada disini? Kenapa saya kini menjadi seorang guru yang menginspirasi. Kenapa saya menjadi guru yang menyemangati guru lain?. Kenapa kesuksesan itu datang mengejar saya. Padahal sepertinya saya tidak berjuang untuk mendapatkannya? Kenapa kehidupan ini begitu berlimpah kepada saya. Kenapa kata orang saya bekerja keras, tidak memperhitungkan waktu, tetapi saya kok tidak merasakan saya kerja keras. Tetapi justru saya merasa kerja saya terlalu santai , dan banyak hal yang belum saya lakukan?

Akhirnya dia tahu jawabannya. Ya itu semua karena dia berusaha mensuksekan orang lain. Itu semua karena dia berusaha memuliakan orang lain. Sehingga Tuhannya memuliakan dan mensuksekan dia.

Tidak percaya dan masih bingung dengan logikanya? Bukankah anda tidak mungkin memberi uang pada orang lain jika anda tidak memiliki uang? Bukankah anda tidak mungkin memberi ilmu aatau keterampilan kepada orang lain jika anda tidak mempunyai ilmu atau keterampilan tersebut? Bukankah anda tidak mungkin membangkitkan semangat pada orang lain jika semangat dalam diri anda tidak bangkit? Jadi jika anda ingin memberi uang, ilmu, keterampilan, semangat, kesuksesan maka anda harus memiliki semua itu sebelumnya. Dan untuk memacu diri anda agar mau memiliki, uang, ilmu, keterampilan, semangat dan kesuksesan, tidak ada cara lain kecuali anda memiliki keinginan yang kuat untuk memberi pada orang lain. Untuk mensukseskan orang lain.

Jadi ingin sukses, sukseskan orang lain. Ingin masuk surga masuk surgakan orang lain.

Semoga bermanfaat.

See you at the top

14 comments:

ini Hary mengatakan...

terimakasih pak, membawakan angin sejuk dan menambah wawasan saya. kunjungi juga artikel kita pak di http://inihary.blogspot.com/2014/05/bisnis-online.html
Salam kenal Bravo wirausaha

Agustantyo mengatakan...

Sepakat... ingin sukses, maka sukseskan dulu orang lain, niscaya kesuksesan yag berlipat-lipat akan datang pada kita... beberapa saat lalu saya juga membuat tulisan serupa, dan semakin meyakinkan hikmah dari mensukseskan orang lain...
good share :)

Dian Mozaix mengatakan...

Nice artikel pak. Setuju banget. dengan membantu orang lain untuk sukses, sesungguhnya juga akan mengangkat kesuksesan diri sendiri. mampir juga pak ke Blog Motivasi Kerja dan Pengembangan Diri ,

thoha mengatakan...

mantap..
ingin umroh brrt umrohkan orang lain..
kunjungi www.travel-umrohe.com

Carita Nasehat Sunda mengatakan...

Setuju,, semoga saya bisa mencapainya dengan apa yang di sampaikan bapak tadi,, kesuksesan kita ditunjang dengan kesuksesan orang sekeliling kita juga.. terima kasih

iskandar chaelani mengatakan...

sangat bagus dan inspiratif sekali , kebetulan tadi siang sy ikut seminar pa mualib sunguh2 sangat menginspirasi sekali , motivasi dan tip2 yang di berukan dalam menjalankan dan memulai sebuah usah

iskandar chaelani mengatakan...

sangat bagus dan inspiratif sekali , kebetulan tadi siang sy ikut seminar pa mualib sunguh2 sangat menginspirasi sekali , motivasi dan tip2 yang di berukan dalam menjalankan dan memulai sebuah usah

Unknown mengatakan...

Anda Jenuh, gagal memprosepek, bahkan frustasi krn ditolak melulu ketika bangun bisnis MLM atau network marketing lainnya?
Ganti cara lama anda dengan Sistem Canggih yg kami ciptakan.
Silahkan baca gratis di Link berikut : http://www.leadcaptor.com/go/?leader=patas
Kami ciptakan sistem yg lbh canggih untuk mempercepat Sukses Bisnis Anda.
Salam Sukses dan Luar Biasa…!!!

Mas Ngadmin mengatakan...

inspiratif. ..:-)

Unknown mengatakan...

( PELUANG USAHA )

TAHUKAH ANDA?
★ Kayu akan semakin habis dan semakin susah di dapat dimasa yang akan datang
★ Kayu Untuk bangunan akan semakin rendah mutunya dan gampang
★ Hutan Indonesia sudah menyusut dan menimbulkan pemanasan global
★ Bahan Baja adalah material yang Ramah lingkungan.
★ Bahan Baja ringan awet atau tidak berhubungan dengan faktor lingkungan dan organisme perusak yang dapat menurunkan kemampuan sebuah struktur.
★ Peluang Bisnis Baja Ringan saat ini sedang menanjak karena beberapa faktor di atas

Kami dari CV. Hugo Baja Tehnik, merupakan Produsen Mesin Rollforming. Ingin memperkenalkan dan menawarkan produk-produk kami. Kami memberikan kualitas dan harga terbaik untuk Bapak/Ibu.
Adapun mesin rollforming yang Kami produksi adalah sebagai berikut:
1. Mesin Baja Ringan/Truss
2. Mesin Hollow Lipat
3. Mesin Metal Furing
4. Mesin Spandek
5. Mesin Genteng Metal
6. Mesin bondek / floordeck
Kami melayani pembuatan mesin rollforming berdasarkan pesanan sesuai dengan spesifikasi output yang ingin dihasilkan. Ketebalan yang dihasilkan bervariatif sesuai dengan kebutuhan. Komponen pada mesin yang kami gunakan memiliki kualitas yang terjamin. Kami memberikan garansi pada setiap mesin yang kami produksi.

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
YUSUF
TLP / SMS / WA : 082111211687
PIN BB: 7483451B
EMAIL : cv.hugobajatehnik@gmail.com
Website: www.mesinbajaringan.net

Sama halnya seperti: jika kita ingin bahagia,kita harus bisa membahagiakan orang lain terlebih dahulu! Terima kasih atas motivasinya Pak!

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak saya ghewa permadani sesuai nama Facebook
Saya punya usaha produksi nugget. Masih fase merintis pak, karena memang baru berjalan 5bulan-an. Motivasi saya buka usaha karena memang udah terlanjur banyak hutang. Hehe

Dan sekarang ini produksi nugget saya Alhamdulillah sudah bisa diterima di masyarakat. Memang belum berani yang partai besar, karena modal & tenaga masih benar-benar dipikirkan.
Untuk tenaga,insha Allah bisa disekitar sini ada. Tapi untuk stock yang banyak, kami masih kualahan tempat penyimpanannya. Tempat pendingin makanan (chest freezer) itu kemarin kami tanya di toko elektronik harganya hampir 3jt an. Sedangkan laba belum sampai segitu, bahkan masih jauh.

Kalau ada tempat penyimpanan yang layak, lebih mudah juga nanti atur stocknya.

Hutang saya yang kemarin saja masih belum lunas, sebenernya gak pengen juga hutang-hutang lagi. Tapi gak tau lagi mau gimana.

Mohon pencerahan, semoga ada jalan keluar untuk usaha kami.

Terimakasih banyak. Selamat siang😃

Unknown mengatakan...

Halo,
Saya adalah Ibu SANDRA WALKER yang bekerja di bawah naungan LOH KATOLIK, kami memberikan pinjaman kesempatan hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk memperbaiki bisnis Anda? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan melihat lebih jauh, karena kita berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda. Kami telah menyediakan dana untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau yang membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan tarif 3%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa kami memberikan bantuan dan penerima bantuan yang andal dan kami bersedia menawarkan pinjaman kepada Anda. Kirimkan kami surat: (SANDRAWALKERLOAN@GMAIL.COM), whatsapp Numer: +2349066110212

fondi mengatakan...

menarik sekali ya ini! tapi ada informasi lainya yang ga kalah menarik yaitu bank dbs ngadain acara Social Enterprise Bootcamp 2018 acara ini tuh tentang Bootcamp/workshop untuk para co-founder social enterprise atau para pebisnis yang memang ingin membangun social impact terhadap lingkungan sekitarnya. menarik kan? untuk informasi lebih lanjutnya langsung aja kunjungi link berikut ini https://www.instagram.com/p/BmGBBoIAPme/

Posting Komentar