Grow your business smartly

Kadang para pemilik bisnis, berpikir terlalu rumit untuk menumbuhkembangkan usaha yang dimilki. Yang sering menjadi kambing hitam adalah kurangnya modal dan sumber daya manusia yang kurang mumpuni. Jika alasan ini yang diutarakan seakan sudah menjadi pembenar, jika perusahaannya tidak maju atau berkembang. “Bagaimana bisa berkembang jika tidak ada modal?” “Bagaimana bisa berkembang jika cari karyawan yang kompeten susahnya bukan main?”. Alasan-alasan diatas memang benar, namun perusahaan anda tetap tidak bekembang.

Bukankah usaha anda ingin tumbuh dan berkembang dengan sukses. Stop. Dari pada anda selalu memikirkan rintangan ayang anda hadapi, akan lebih bijaksana jika pikiran dan energi anda digunakan untuk memikirkan solusinya. Bagaimana caranya? Bagaimana murahnya , mudahnya, enaknya dan cepatnya untuk menumbuhkembangkan usaha anda. Sebagai contoh cara yang murah, mudah, enak dan cepat memberikan hasil terhadap peningkatan penjualan anda adalah seperti postingan saya terdahulu.

Untuk mendapatkan cara yang mudah, murah,enak dan cepat untuk menumbuhkembangkan usaha anda, coba pikirkan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut. Namun saran saya usahakan untuk tidak menggunakan uang, untuk mengeksekusi jawaban anda. Kalau toh terpaksa mengeluarkan uang carilah cara yang semurah mungkin dan gantilah dengan tenaga dan pikiran anda sendiri atau karyawan anda. Sebagai pemula dalam berusaha ada baiknya anda selalu mengedepankan tenaga dan pikiran anda dari pada menggunakan uang. Karena anda akan mebdapatkan dua keuntungan. Pertama anda akan tahu luar dalam usaha anda. Anda menanamkan kebiasaan untuk berhemat dan semangat yang membaja. Sebagai contoh ketika saya akan membuat website PT Alfa Fikrindo Utama, saya tanya ke teman yang biasa mebuat website, biayanya hanya Rp. 1 Juta. Uang sebesar itu sebenarnya tidak masalah bagi saya. Namun karena saya masih mempunyai waktu luang sehabis pulang dari kantor, kenapa saya tidak membuatnya sendiri? Lalu kebetulan ketika berjalan-jalan ke toko buku saya menemukan cara mudah membuat website. Ketika mempraktekkan buku tersebut saya mengalami banyak kesulitan karena saya memang gaptek tentang computer, tetapi karena saya sudah terbiasa mengalami kesulitan dan selalu berusaha keluar dari kesulitan tersebut saya tidak mudah menyerah. Akhirnya saya memberanikan diri tanya ke teman dan bahkan telepon ke pengarang buku tersebut. Akhirnya saya kenal dengan pengarang buku, saya tahu cara membuat website dan memenagenya dan saya mempunyai pengalaman menyelesaikan kesulitan.

Maximized output
Apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan yang saya miliki?
Bagaimana meningkatkan kinerja sales anda?
Bagaimana meningkatkan kinerja karyawan anda?
Sudahkah imbalan karyawan terkait dengan produktifitas?
Bagaimana beriklan tanpa menambah budget promosi?
Sudahkan anda memanfaat the power of mouth untuk mengenalkan usaha anda ke masyarakat?
Bagaimana caranya agar semua karyawan tuut berperan aktip mengenalkan produk dan perusahaan anda?

Maximized process
Sudahkah process produksi, proses administrasi anda berjalan sesuai dengan rencana dan efektif?
adakah cara lain untuk menyederhanakan process diperusahaan anda.
Andaikan jumlah karyawan anda dikurangi, masihkah perusahaan anda berjalan dengan optimal?.

Minimized input
Sudahkah anda mendapatkan supplier dari tangan pertama?
Sudahkan harga bahan baku atau harga perolehan dagangan anda lebih murah atau sama dengan yang diperoleh pesaing?
Dapatkah biaya listrik, Atk, telepon dan biaya kirim barang dikurangi?
Biaya apa yang bisa anda tekan?

Synergized your employ.
Sinergi diantara karyawan dengan karyawan dan karyawan dengan pimpinan akan membuat organisasi usaha anda dapat berjalan dengan baik dan lancar. Persaingan dan kesalahpahaman antara karyawan akan tereliminir. Kerjasama tim akan terjalin dengan baik.
Upaya apa yang telah anda lakukan untuk mensinergikan karyawan anda?


Continuous improvement
“Bukan orang yang kuat atau orang yang pintar yang bisa survive tetapi orang yang responsive terhadap perubahan” kata Charles Darwin. Jika usaha anda ingin terus berkembang dan tetap bertahan, anda hendaknya secara berkesinambungan melakukan perbaikan, baik terhadap kemunkinan penambahan produk, perubahan process, system administrasi dan system pemasaran.

Perubahan apa yang anda lakukan demi kemajuan anda dan perusahaan anda hari ini, minggu ini, bulan ini atau tahun ini?

Demikian semoga bermanfaat.
See you in the top

4 comments:

hilmy mengatakan...

Bagus.....
Saya sdh mendirikan perusahaan lebih dari 16 tahun, tapi sampai saat ini trendnya datar saja.
Saya bergerak di bidang jasa bangun rumah, tdk mati tapi yaitu datar, padahal saya optimis bahwa perusahaan ini bisa naik, tapi belum.
Terima kasih atas pencerahannya.
Wasalam
Hilmy

Muallif Wijono mengatakan...

Pak, diri, rumah tangga dan bisnis, semuanya barang mati pak, yang menjadikan hidup, berkembang dan maju adalah akal dan jiwa kita. akal digerakkan oleh jiwa. sedangkan jiwa digerakkan oleh impian. orang yang tidak mempunyai mimpi atau punya tetapi jika tidak tercapai tidak apa-apa, maka mereka akan cenderung malas untuk berusaha mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi, sehingga mereka mudah menerima apa adanya. " Ya cukuplah "

PraYogiE mengatakan...

Pak bagaimana cara membangun tim business. karena saya capek one men show terus, kadang sy merasa terlalu muda jd klo punya karyawan takut klo sy diremehkan :D mohon nasehatnya

Muallif Wijono mengatakan...

Mungkin akan lebih mudah jika anda mengadop pesaing anda yang lebih maju atau mencari perusahaan yang mirip dengan usaha anda yang sudah mempunyai sistem.
seorang pemimpin memang tidak harus tahu hal yang tehnis, namun mereka harus tahu bagaimana dan kapan menyelesaikan pekerjaan.
sikap ini yang jarang dimiliki oleh para pekerja. dari sinilah anda bisa masuk menjadi pemimpin yang dihormati karena anda lebih bertanggung jawab daripada mereka.
Anda ingat Kisah henry ford yang bodoh, namun dapat memimpin orang pintar? Bekalnya hanya satu, tahu kepada siapa harus bertanya jika tidak tahu.

Posting Komentar