Terjebak Kartu Kredit

Sabtu yang lalu tepatnya tgl. 6 Maret 2010, saya kedatangan tamu teman lama. Teman saya ini sebenarnya hanya lulusan STM, namun otaknya encer dan pekerja keras. Sehingga diusianya yang relatip masih muda dia sudah memiliki rumah yang diidam-idamkannya. Dia sudah mempunyai rumah sebelum nikah.

Semenjak dia sudah memiliki rumah dan pekerjaan tetap (sebagai karyawan di salah satu perusahaan Jepang) hidupnya terasa aman dan nyaman. Seakan sudah tidak ada yang ingin diraih lagi.

Tidak berapa lama setelah menikah, dia dikaruniai seorang anak laki-laki. Namun sayang istrinya tidak bisa mengeluarkan Asi untuk meneteki anaknya. Sebagai bapak yang bertanggungjawab dan ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, dia memberikan susu formula yang mahal yang diannggapnya dapat sebagai pengganti Asi.

Suatu saat ketika sedang jalan-jalan di mall, dia mendapat penawaran kartu kredit.”Proses cepat tanpa berbelit” kata salesmen kartu. “ A ha. Ini yang aku cari. Ini bisa dipakai untuk mengatasi solusi keuangan saya” katanya dalam hati. Tanpa pikir panjang akhirnya dia mengambil kartu tersebut.

Diawal-awal pemakaian kartu kredit, dia merasa nyaman. Ketika melakukan belanja cukup besar dia selalu berkata dalam hati “ kan bisa dicicil”. Akhirnya suatu ketika tanpa dia sadari utang kartu kreditnya cukup besar, sehingga melebihi limitnya. Pada saat yang sama dia ditawari kartu kredit lain. “ Jika punya dua kartu enak kali ya. Yang satu habis limitnya yang satu masih ada. Atau bisa ambil uang dari kartu satu untuk membayar kartu yang lain.” Pikirnya dalam hati.

Begitulah, tanpa disadari dia sudah mempunyai 4 kartu kredit yang semuanya sudah habis limitnya dan minta dibayar. Mulailah kehidupannya kacau, karena ditagih oleh debt collector. Istrinya tertekan dia sendiri terguncang. Hingga kini hutangnya belum bisa terselesaikan dia lari dari kejaran debt collector. Hidupnya menjadi tidak nyaman dan merasa terancam.

Pembaca, kartu kredit memang ada segi positipnya, namun jauh lebih banyak mudhorotnya. Jika anda termasuk orang yang konsumtip, hindari pemakaian kartu kredit jika anda tidak ingin berurusan dengan debt collector. Jika anda ingin mencari kepraktisan kartu kredit, anda bisa menggunakan kartu dibet. Kenapa? Karena emosinya berbeda. kartu kredit akan semakin membuat anda konsumtip. Karena anda berpikir bisa dicicil. Sehingga tanpa anda sadari anda akan terjebak dalam hutang.
Tetapi jika anda menggunakan kartu dibet, anda sebenarnya membayar tunai. Jika tidak ada uang di kartu anda tentu anda tidak bisa berbelanja. Ini akan mengerem kesukaan anda berbebelanja.

Yang lebih parah lagi, pemakai kartu kredit diiming-imingi dengan discount. Terkadang saya pikir memang kurang ajar, orang yang ngutang diberi kemudahan dan discount sementara yang bayar tunai tidak diberi apa-apa. Memang barang racun jika tidak dikemas dengan menarik tidak akan ada yang mau menyentuh.

Hidup hanya sekali, berbahagialah. Bebaskan diri anda dari hutang. Biarlah keadaan anda sederhana, tidak terlihat kaya, hidup apa adanya. Namun anda nyaman dan terbebas dari hutang. Anda jangan sampai termakan oleh provokasi yang menyatakan” Hutang akan membuat hidup dinamis dan bersemangat”. Ini salah besar. Sungguh kasihan. Anda bersemangat mencari harta karena anda dikejar hutang. Carilah pendoring semangat yang lebih baik dan mulia. Jika utang anda untuk membeli asset yang mendatangkan income yang dapat membayar utang anda, itu bisa dipertimbangkan. Namun berutang untuk hidup konsumtip agar terlihat seperti orang kaya jangan dilakukan.

Apalagi jika anda mempunyai kartu kredit biar terlihat sebagai orang modern. Dompet penuh kartu kredit. Ah itu kuno. Anda kelihatan kaya hanya karena simbul-simbul yang menyesatkan. Sadarlah, buat apa simbul-simbul itu? Jangan mau hanya terlihat kaya, tetapi menjadilah orang kaya yang sungguhan. Walaupun dompet anda tidak ada isinya apa-apa, namun jika anda kaya sungguhan anda tetap dianggap orang kaya. Walaupun anda jalan kaki jika anda kaya sungguhan anda dianggap orang kaya yang rendah hati. “ Pak, olah raga ya?”


Semoga bermanfaat.
See you in the top

17 comments:

Nitta mengatakan...

Alhamdulillah.... terima kasih pencerahannya Pak.. salam kenal dari saya, member baru TDA.. memang bener, kartu kredit sangat melilit pak.. apalagi sekarang cicilan nya saja 10% dari total hutang belum termasuk bunga nya... bener.. orang kaya adalah orang yang "bebas hutang"..

akhmad yani mengatakan...

Kalau punya hutang (cicilan pinjaman) di kartu kredit, tiap bulan bayarlah penuh. Jika kurang 1 rupiah pun, maka akan dikenakan bunga dan denda Rp. 25rb(tergantung bank penerbit kartu kredit).

Akhmad Yani - 08156627660
ibadyani.blogspot.com
ibadyani@gmail.com
Mantan collection disalah satu bank penerbit kartu kredit

CintaIntan mengatakan...

Alhamdulillah dari total 7 KK didompet saya sekarang sisa 2 KK lagi . Yah...dengan cukup susah payah akhirnya satu per satu saya lunasin dan KK nya saya gunting dan close . Mudah mudahan sisa 2 KK bisa secepatnya dilunasin dan bisa di close . Penggunaan KK karena keenakan pakai memang awalnya dan digunakan untuk menutupi kebutuhan keluarga . Tapi sekarang saya menekan habis pengeluaran untuk belanja, jadi saya usahakan belanja dengan uang cash yang ada . Btw terimakasih atas pencerahannya ....ya Pak Mualif .
Wassalam dedihunaedi@gmail.com

PraYogiE mengatakan...

Allhamdulillah sukses dengan credit card

SorayaStore mengatakan...

Alhamdulillaaah... bisa bangkit kembali setelah beberapa kali gulung tikar, tidak lain dan tidak bukan berkat kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit. :)

Choirul Asyhar mengatakan...

Saya pernah punya KK gratisan dari bank besar karena katanya dapat undian. Alhamdulillah, gak pernah ngutang, karena saat jatuh tempo selalu dilunasi. Krn memang bisa ngerem belanja. Meskipun demikian tetap akhirnya saya tutup. Karena gak ada manfaatnya! Yang ada malah godaan untuk belanja.

Good bye credit card.
(Sudah lebih 5 tahun pisah dg KK)

tipsbisnisuang mengatakan...

betul pak..klo kartu kredit hanya untuk konsumtif lebih baik tidak sama sekali. Namun, kalo sudah punya usaha, lantas menggunakan kartu kredit untuk mengembangkan usahanya, itu lain lagi..
Berbicara ttg cc, sekedar info, ada seminar kartu kredit di Kediri siapa tau bermanfaat.

link-nya ada disini

http://tipsbisnisuang.wordpress.com/2011/09/20/seminar-jurus-maut-kartu-kredit-jadi-modal-usaha-di-kediri/

terimakasih

Muallif Wijono mengatakan...

Wah Hebat ya kartu kredit dapat digunakan sebagai modal usaha. Namun menurut saya, menggunakan kartu kredit seakan bermain dipinggir jurang. jika sedikit saja kita lengah kita akan terperok kedalamnya. Jika demikian, bukankah masih ada cara yang lebih smart, dan nyaman mendapatkan modal selain kartu kredit?

bisnisku mengatakan...

RAHASIA MENGUNGKAP MANFAAT KARTU KREDIT YG BELUM ANDA KETAHUI...
SILAHKAN KUNJUNGI LINK DIBAWAH INI SEMOGA BERMANFAAT BUAT KITA SEMUA (AMIIN) :


http://forum.tribunnews.com/showthread.php?1280901-rAHASIA-MENDAPAT-DANA-TUNAI-GRATIS-HINGGA-1-MILYAR-%28RAHASIA-MAFIA-KARTU-KREDIT%29



SALAM SUKSES,

bisnisku mengatakan...

** MODAL USAHA DIDALAM KARTU KREDITMU HINGGA 1 MILYAR GRATIS ***
SILAHKAN KUNJUNGI LINK DIBAWAH INI SEMOGA BERMANFAAT BUAT KITA SEMUA (AMIIN) :


http://forum.tribunnews.com/showthread.php?1280901-rAHASIA-MENDAPAT-DANA-TUNAI-GRATIS-HINGGA-1-MILYAR-%28RAHASIA-MAFIA-KARTU-KREDIT%29



SALAM SUKSES,

bisnisku mengatakan...


INFO: BUAT PENGGUNA KARTU KREDIT (WAJIB & PENTING BANGET SEBELUM AND BERMASLAH!!!)
SILAHKAN KUNJUNGI LINK DIBAWAH INI SEMOGA BERMANFAAT BUAT KITA SEMUA (AMIIN) :


http://forum.tribunnews.com/showthread.php?1280901-rAHASIA-MENDAPAT-DANA-TUNAI-GRATIS-HINGGA-1-MILYAR-%28RAHASIA-MAFIA-KARTU-KREDIT%29



SALAM SUKSES,

bisnisku mengatakan...

RAHASIA MENINGKATKAN LIMIT KARTU KREDIT HINGGA 1 MILYAR >>>(MELEDAKAN LIMIT KARTU KREDIT)
SILAHKAN KUNJUNGI LINK DIBAWAH INI SEMOGA BERMANFAAT BUAT KITA SEMUA (AMIIN) :


http://forum.tribunnews.com/showthread.php?1280901-rAHASIA-MENDAPAT-DANA-TUNAI-GRATIS-HINGGA-1-MILYAR-%28RAHASIA-MAFIA-KARTU-KREDIT%29



SALAM SUKSES,

bisnisku mengatakan...

RAHASIA MENGUNTUNGKAN BUAT PENGGUNA KARTU KREDIT SILAHKAN CEK LINK DIBAWAH INI (SANGAT BERGUNA BANGET BUAT ANDA PENGGUNA CC ||SEMOGA BERMANFAAT) !!!!

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=754098069#post754098069


SALAM SUKSES

elang mengatakan...

cara memanfaatkan kartu kredit sepuas nya & cara mengatasi masalah-masalah kartu kredit disertakan juga tips & strategi yg tentunya blm anda ketahui silahkan cek situs dibawah ini :

copy paste link dibawah ini :

http://www.kaskus.co.id/thread/50ab354462124387610000d8/all-the-best--ebook-sakti-manfaat-kartu-kredit-pedoman-wajib-bagi-para-pengguna

ebook aja mengatakan...

BUAT ANDA SEMUA YG MAU TAU CARA-CARA CERDIK & SUPER DAHSYAT CARA MEMANFAATKAN KARTU KREDIT LANGSUNG AJA CEK DI=>> www.tipskartukredit.blogspot.com

ebook gue mengatakan...

JURUS-JURUS CERDAS MEMAKAI KARTU KREDIT AYO BUAT JURAGAN-JURAGAN YG PAKE KARTU KREDIT SEGERA KUNJUNGI SITUS INI DI WWW.EBOOKDAHSYAT.ESY.ES SEMOGA BERMANFAAT & SANGAT MEMBANTU KITA SEMUA.

ebook gue mengatakan...

Jurus-jurus cerdas memanfaatkan kartu kredit
silahkan langsung dilihat di WWW.EBOOKDAHSYAT.ESY.ES
Semoga bermanfaat buat kita semua..

Posting Komentar