Jalur cepat menjadi kaya

Bagaimana difinisi kaya menurut anda? Benarkah seseorang baru dikatakan kaya apabila tinggal di rumah megah dan mengendarai mobil mewah? Apakah kaya itu menurut anggapan orang lain atau anggapan yang bersangkutan atau diri sendiri?

Jika anda berpendapat demikian, sesungguhnya anda tertipu. Bagaimana tidak tertipu, karena ternyata orang yang tinggal di rumah megah dan berkendara mobil mewah tersebut sebenarnya banyak yang miskin. Mereka banyak memiliki hutang. Dan hutang mereka melebihi harta yang mereka miliki. Mereka katanya meliki perusahaan dengan asset milyaran atau trilyunan, tetapi kenyataan kekayaan reil yang mereka miliki adalah tidak lebih dari ¼ asset yang mereka klaim sebagai miliknya. Apakah hebatnya anda memiliki asset 10 milyar tetapi kekayaan yang sebenarnya anda miliki hanya sebesar 2 milyar? Karena yang 8 milyar adalah hutang anda? Sebenarnya mana yang lebih kaya dan dapat hidup lebih damai, orang yang memiliki asset 10 milyar tetapi mempunyai hutang delapan milyar atau orang yang memiliki asset 2 milyar namun tidak mempunyai hutang sama sekali?


Mungkin anda akan beralasan” orang yang berasset 10 milyar kan lebih berpeluang menjadi lebih kaya”. Ya itu memang benar. Namun mereka juga berpeluang besar menjadi orang bangkrut lebih besar. Dan jangaan lupa hidup mereka sangat tertekan dan tidak bahagia. Karena mereka terjebak pada permaianan semu. Kaya yang semu.

Sedangkan mereka yang hanya meliki asset 2 milyar namun tanpa memiliki hutang sama sekali, hidup mereka akan jauh lebih bahagia dan damai. Bukankah keadaan yang seperti ini yang sebenarnya kita cari?

Begitulah, jadi sebenarnya untuk menjadi kaya itu tidak sulit. Anda dapat melewati jalur cepat menjadi kaya dengan cara berhemat dalam penghidupan dan sederhana dalam perbelanjaan. Jika anda mampu mengatur pengeluaran anda jauh lebih kecil dari penghasilan anda, sehingga anda mampu menabung dan berinvestasi sehingga anda bisa hidup dari hasil investasi anda, maka anda sudah berhak menyatakan diri anda adalah orang kaya. Meskipun anda masih tinggal di rumah type 21 dan hanya memiliki sepedah ontel sekalipun.

Mungkin anda masih dianggap orang lain sebagai orang miskin yang perlu dikasihani. Tetapi apa pedulinya pendapat orang lain. Biarlah mereka tertipu dengan pendapatnya sendiri. Tetapi yang penting anda adalah orang kaya menurut versi anda. Hidup anda belimpah. Hidup anda damai. Karena anda tidak mempunyai ketertarikan untuk membeli sesuatu yang diluar kemampuan anda. Anda tidak perlu motor atau mobil. Anda tidak perlu rumah yang lebih luas atau TV yang lebih lebar. Anda tidak perlu handphone yang lebih canggih. Karena hati anda telah dihijab oleh Allah untuk memandang kehidupan ini sebagai sesuatu yang remeh. Anda tidak terpengaruh oleh pendapat orang lain.

Anda adalah orang kaya yang sebenarnya. Karena anda tidak memiliki sipat serakah. Anda terhindar dari sipat minta-minta.

Benarkan sebenarnya menjadi kaya itu mudah, semudah membalikkan telapak tangan jika anda mau. Dengan cara hidup hemat dan sederhana , menghilangkan angan-angan yang meresahkan dan percaya bahwa hidup hemat dan sederhana sebenarnya membahagiakan dan mulia. Berusaha memperbesar pemasukan untuk meningkatan taraf hidup adalah sesuatu yang penting. Namun mengelola uang keluar adalah jauh lebih penting. Karena seberapapun besarnya uang yang masuk, jika pengeluarannya tidak dikendalikan dengan baik hidup anda akan tetap miskin meskipun anda tinggal dirumah megah dan mengendarai mobil mewah.

Semoga bermanfaat
See you at the top

1 comments:

viona mengatakan...

Agen Slot Terpercaya

Posting Komentar