Ingin Kaya Dan Bahagia Rubah Sudut Pandang Anda

Jika anda seorang juru gambar, maka anda akan paham benar tentang pentingnya melihat sebuah obyek dengan berbagai sudut pandang. Karena dengan melihat obyek dari berbagai sudut pandang, anda akan dapat dengan mudah mengkomunikasikan gambar anda kepada orang lain. Sehingga orang lain akan melihat gambar seperti yang anda maksudkan. Karena mereka sekan-akan melihat obyeknya secara untuh.Namun jika anda menampilkannya hanya dari satu sudut pandang maka, banyak orang yang salah menafsirkan gambar yang anda tampilakan.


Setiap kejadian yang menimpa seseorang baik yang mendatangkan kebahagiaan maupun kesedihan adalah merupakan gambar kehidupan merika. Bagi mereka yang mampu menampilkan gambar kehidupannya dari berbagai sudut pandang, mereka akan mampu melihat kejadian secara utuh, sehingga menimbulkan kearifan dalam menyikapinya. Jika mereka mendapatkan sesuatu yang menyenangkan mereka tidak larut dalam suka cita dan terjebak dalam Comfort Zone. Sebaliknya jika mereka mendapatkan suatu kemalangan mereka tidak akan larut dalam kesedihan. Sikap demikian akan menimbulkan semangat untuk terus maju dan berkarya. Mereka akan terus melangkah dan berkarya, meskipun semuanya telah mereka miliki. Mereka juga akan terus bangkit meskipun selalu jatuh dan jatuh. Karena kegagalan bagi mereka bukan suatu yang menyakitkan. Kegagalan adalah sesuatu yang menngairahkan dan menyenangkan. Karena mereka berhadapan dengan tantangan.
.
Namun bagi mereka yang tidak mampu menampilkan kejadian secara utuh, mereka akan terlena dan lupa daratan jika mendapatkan suatu kebahagiaan. Sebaliknya jika mereka mendapatkan kemalangan mereka akan jatuh tersungkur, seakan merekalah orang yang paling menderita. Sudut pandang semacam ini tentu akan merugikan dan melemahkan diri sendiri. Sehingga mereka akan terkurung dalam suatu sangkar suasana yang membuat diri mereka tetap berada ditempat.Agar mereka dapat cepat keluar dari sangkar tersebut, hendaknya mereka harus sering-sering menanyakan pada orang lain perihal keadaan mereka, apakah yang mereka lakukan saat ini benar atau salah.

Saya mempunyai seorang teman dimana selain bekerja dengan posisi yang cukup lumayan, juga mempunyai perusahaan yang dijalankan oleh adiknya dengan omzet yang cukup besar 15 Milyar per tahun. Sang teman melihat apa yang dilakukan saat ini adalah yang terbaik. Bekerja sambil berusaha. Karena dia beraganggapan karena pekerjaannyalah usaha mereka bisa berjalan seperti sekarang ini. Pendapat itu memang benar. Namun saya melihat dari sisi yang lain, dengan sambil bekerja saja sudah omzet demikian besar apalagi jika dia mau focus pada usahanya tentu akan jauh lebih sukses lagi.

Dari kenyataan diatas, kebanyakan dari kita terbelenggu oleh sudut pandang kita sendiri, tidak terkecuali saya. Saya juga terbelenggu oleh sudut pandang saya. Sehingga saya sering mengalami kebuntuan, seakan saya berada dalam sebauh Lumpur hidup yang sulit untuk keluar dan meresakan apa yang saya lakukan ini adalah yang benar. Untungya saya sering bertemu dengan banyak teman yang dapat digunakan sebagai tolok ukuran dari kecepatan saya melangkah. Dengan cara ini saya tidak terjebak dalam comfort zone ( zona nyaman). Sehingga saya selalu berupaya dan mencari cara untuk melangkah lebih cepat lagi dan berkarya lebih banyak lagi.

Dengan demikian sebenarnya untuk bisa hidup bahagia dan sukses, adalah sangat mudah, yaitu lihatlah setiap masalah yang anda hadapi dengan secara utuh atau dari berbagai sudut pandang. Untuk dapat melakukan demikian sering-seringlah bertemu dengan orang yang lebih sukses dari anda. Utarakan apa yang menjadi pemikiran anda tentang keadaan anda saat ini dan mendatang. Kemudian mintalah saran apa sebaiknya yang dapat anda lakukan. Saya yakin mereka akan memberikan sudut pandang berbeda. karena mereka berada ditempat yang lebih tinggi dari anda, tentunya mereka akan melihat anda lebih luas dari penglihatan anda sendiri.

Begitu pula apabila anda saat ini mengalami trauma dari kejadian yang tidak inginkan. Anda tidak akan mampu menghilangkan memori dari kejadian tersebut. Yang dapat anda lakukan agar dapat sembuh dari trauma tersebut dengan melakukan perubahan sudut pandang. Allah tidak kejam. Setiap kejadian yang menimpa anda sepahit apapun pasti ada hikmahnya dibalik itu. Pernah anda mendengar seorang wanita biasa-biasa saja, namun setelah mengalami pemerkosaan akhirnya menjadi orang yang terkenal ke seluruh dunia. Karena dia merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu agar kejadia yang dialaminya tidak terjadi pada wanita lain?

Semoga bermanfaat.
See you in the top

0 comments:

Poskan Komentar