Design Ulang Hidup anda

Sudahkah anda merasa puas dengan keadaan anda saat ini? Sudahkah impian anda tercapai? Sudahkah hidup anda bahagia seperti yang anda inginkan? jika sudah bersyukurlah, agar keadaan yang membahagiakan ini akan tetap anda miliki.

Namun jika anda belum merasa puas dengan kehidupan anda saat ini. Jika impian anda nampak bagaikan jauh panggang dari api. Jika anda ingin hidup anda berubah lebih baik, tidak monoton atau berjalan ditempat. Maka sebaiknya anda mendesign ulang hidup anda.

Kenapa? Ya, bukankah dalam hidup ini berlaku hukum sebab akibat. Jika anda melakukan A, anda akan mendapatkan A’. Jika anda melakukan B, anda akan mendapatkan B’. apa yang anda dapatkan saat ini, merupakan akibat dari apa yang anda lakukan dimasa lampau. Dengan demikian jika tidak ada perubahan yang anda lakukan kehidupan masa depan anda dapat anda ramalkan.


Nah jika anda tahu benar, jika anda tidak mengubah hidup anda tidak bisa mengubah masa depan anda. Lalu kenapa anda tetap ngotot melakukan cara yang sama, bersikap yang sama dan berpikir dengan cara yang sama?

Kenapa anda takut berubah?. Bukankah tanpa anda sadari fisik anda telah berubah menjadi lebih tua?. Bukankah tanpa anda maui sekitar anda semuanya telah berubah. Jika kemarin anda belum kawin sekarang sekarang anda sudah menikah. Jika kemarin belum punya anak sekarang sudah punya anak. Jika kemarin anakny baru satu sekarang sudah dua atau bahkan tiga dan empat. Jika kemarin anak anak masih kecil kecil kini telah tumbuh makin besar yang memerlukan biaya makin banyak.

Kenapa anda takut berubah? Apakah itu sesuatu yang menyakitkan dan menyusahkan? Tetapi bukankah anda sudah sering mengalami perubahan. Ketika anda masih balita, anda memasuki sekolah taman kanak-kanak, kemudian anda memsuki SD, SMP, SMA, Kuliah, kerja dan menikah. Bukankah itu semua merupakan perubahan. Apakah itu semua menyakitkan? Ya awalnya barangkali begitu namun setelahnya apa yang anda peroleh? Bukankah kesenagan dan kebahagiaan?.

Kenapa anda tidak mau berubah? Apakah anda tidak tahu caranya? Jika demikian saya akan membagi pengalaman saya kepada anda siapa tahu ada manfaatnya.

Mendesign ulang hidup, dapat berlangsung sangat lambat tetapi juga dapat berlangsung sangat cepat. Mereka yang lambat dalam mendesign ulang hidupnya biasanya dikarenakan mereka tidak sadar akan makna kehidupan. Sehingga hidup ini berjalan bagaikan air yang mengalir. Sipat air selalu mengalir ketempat yang lebih rendah. Air akan naik jika terpaksa tidak ada jalan lain. Begitu pula mereka yang hidupnya mengalir, maka mereka akan berubah jika lingkungannya memaksanya berubah. Oleh karena itu jika mereka hidup ditempat yang tidak menuntut, mereka akan terus berada dibawah atau tidak berubah.

Sedangkan mereka yang mampu melakukan perubahan yang cepat dan besar adalah mereka yang menyadari makna kehidupan, mempunyai impian yang basar dan memiliki jiwa pejuang. Mereka memiliki sikap rendah hati, mau mengakui kesuksesan orang lain dan kemudian belajar darinya. Mereka selalu mencari dan mencari cara tercepat untuk menggapai impiannya. Mereka mau mengubah pandangannya, tindakannya dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga apa yang didapatnya jauh lebih besar dari sebelumnya. Karena mereka berusaha untuk menjadi pribadi yang efisien.

Design ulanglah diri anda dengan penuh kesadaran. Hidup hanya sekali,jangan mau hidup yang biasa-biasa saja. Bertindaklah jangan suka berpangku tangan. Anda pikir dengan berpangku tangan, anda menghemat energy dan memberikan kebaikan bagi tubuh anda. Tidak. Justru tubuh maupun otak yang jarang digunakan akan menjadi lemah dan loyo. Berkaryalah meskipun itu kecil nilainya disaat ini. Karena selalu saja perjalanan jauh terdiri dari langkah per langkah

Design ulanglah diri anda meskipun hanya melakukan perubahan kecil. Jika anda perhatikan perubahan sudut hanya satu derajat saja jika ditarik garis panjang kedepan akan memliki perbedaaj yang sangat besar.

Anda bisa memulainya dengan mengubah teman akrab anda. Anda bisa memulainya dengan mengurahi jumlah waktu anda menonton tv, bangkruk dengan teman yang kurang produktip. Anda bisa memulainya dengan meluangkan waktu untuk memeluk anak atau istri anda, yang selama ini jarang anda peluk. Atau anda bisa memulainya apa saja yang penting meneju pada perubahan yang lebih baik.
Semoga bermanfaat. See you at the top

0 comments:

Posting Komentar